Info

Tak Hanya Minum Kopi, Ini 5 Faktor yang Buat Anda Sulit Tidur Nyenyak!

Ada banyak faktor lain yang bisa membuat Anda kesulitan tidur nyenyak, tidak hanya kebiasaan minum kopi sebelum tidur.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gangguan tidur - (Unsplash/Kinga Cichewicz)
Ilustrasi gangguan tidur - (Unsplash/Kinga Cichewicz)

Himedik.com - Tidur nyenyak dan dalam jumlah cukup sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Tapi, menghindari minum kopi saja tidak cukup membantu tidur malam lebih nyenyak.

Karena, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang tidak bisa tidur nyenyak. Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa penyebab seseorang keuslitan tidur nyenyak di malam hari.

1. Pemakaian karpet di kamat tidur

Karpet bisa membuat kamar tidur terlihat cantik dan nyaman, tapi karpet juga menjadi sarang debu yang berpotensi memicu alergi.

Hal ini bisa menyebabkan batuk dan kesulitan bernapas, yang pada gilirannya dapat mengganggu tidur Anda. Jika Anda tidak bisa meninggalkan karpet, Anda bisa memilih karpet kecil yang mudah dibersihkan.

2. Tidur di akhir pekan

Jika Anda bangun lebih awal setiap pagi untuk mulai bekerja tepat waktu, sangat wajar jika Anda ingin menghabiskan beberapa jam ekstra di tempat tidur pada akhir pekan.

Tapi, tidur larut malam beberapa kali seminggu bisa mengganggu ritme sirkadia Anda dan mempengaruhi kualitas tidur dalam jangka panjang. Alih-alih bangun terlambat selama akhir pekan, cobalah tidur pada waktu yang sama dan setelah beberapa minggu.

Ilustrasi tidur (unsplash.com/Kinga Cichewicz)
Ilustrasi tidur (unsplash.com/Kinga Cichewicz)

3. Diet bebas susu

Meskipun diet bebas susu baik untuk sebagian orang, tapi menghindari sepenuhnya bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Susu salah satu sumber melatonin terbaik, hormon tidur penting yang mengirimkan sinyal ke otak Anda saat waktunya tidur.
Melatonin sering digunakan untuk mengobati insomnia. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi suplemen, cobalah minum segelas susu hangat sebelum tidur.

4. Anda mengonsumsi camilan larut malam

Saat Anda merasa lelah di penghujung hari, Anda mungkin tergoda untuk makan sesuatu yang manis sebelum makan.

Tetapi, makan terlalu larut malam dapat memengaruhi tidur Anda dan mencegah Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Hal ini tidak berarti bahwa Anda harus pergi tidur dengan perasaan lapar. Faktanya, makan 4 jam sebelum tidur bisa membantu tidur lebih cepat.

5. Mandi air panas sebelum tidur

Mandi air panas memang membuat tubuh lebih terasa santai, tetapi mandi tepat sebelum tidur dapat mencegah Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Ketika tubuh Anda mulai mempersiapkan diri untuk istirahat, suhu inti tubuh Anda akan turun, dan mandi air panas larut malam dapat meningkatkan suhu tubuh Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini