Info

Selain Dehidrasi, Ini 7 Akibat Kurang Minum Air Putih yang Bisa Terjadi

Dehidrasi atau kurang minum air putih dapat mencegah tubuh Anda membuat cukup air liur.

Yasinta Rahmawati

minum air untuk mengurangi dehidrasi (shutterstock)
minum air untuk mengurangi dehidrasi (shutterstock)

Himedik.com - Tubuh membutuhkan cukup cairan untuk berfungsi dengan baik. Saat seseorang kurang minum, umumnya ia akan mengalami dehidrasi. Namun, ada beberapa akibat kurang minum air putih yang bisa terjadi karena efek dehidrasi tersebut. 

Mengutip dari MedlinePlus, dehidrasi membuat tubuh tidak hanya kehilangan air, tetapi itu juga berarti kehilangan elektrolit, seperti garam dan  potasium, yang membantu tubuh Anda bernapas, bergerak, berbicara, dan melakukan semua hal lain yang dibutuhkan  untuk tetap beraktivitas.

Melansir dari situs Everyday Health yang dirangkum Suara.com,, berikut ini akibat kurang minum air putih yang penting untuk diketahui.

1. Bau Mulut

Dehidrasi atau kurang minum air putih dapat mencegah tubuh Anda membuat cukup air liur.Jika Anda tidak memproduksi air liur yang cukup, Anda bisa mendapatkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di mulut, dan salah satu efek sampingnya adalah bau mulut. 

2. Kulit Kering atau Kemerahan 

Jika Anda kurang minum air putih, Anda akan mendapatkan kulit yang sangat kering. Di sisi lain, kulit mungkin juga akan tampak memerah.

3. Kram Otot

Ketika tubuh Anda kehilangan cukup cairan, salah satu akibat berikutnya yang dapat Anda rasakan yakni kram otot. Kram otot ini bisa terjadi saat berolahraga, terutama saat cuaca panas.

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)

4. Sakit Kepala

Kurang minum air putih dapat menyebabkan sakit kepala karena dehidrasi dan memicu  sakit kepala migrain. Meskipun berbagai faktor selain dehidrasi dapat  menyebabkan sakit kepala, minum segelas penuh air dan terus meminum lebih banyak cairan di siang hari adalah cara mudah untuk meredakan rasa sakit Anda jika dehidrasi adalah penyebabnya.

5. Cedera atau Komplikasi Fatal

 Menjadi  sangat dehidrasi didefinisikan oleh WHO  sebagai kehilangan lebih dari 10 persen dari berat badan Anda dalam cairan, ini dapat menyebabkan cedera atau komplikasi fatal, yang mana memerlukan kunjungan ke UGD. Namun, kemungkinan untuk mengalami ini karena dehidrasi atau kurang minum air putih masih jarang terjadi atau tidak umum.

6. Kelelahan dan Pusing

Saat kehilangan 5 hingga 6 persen berat badan dalam cairan, Anda akan mulai merasakan kehausan, kelelahan, pusing, atau  bahkan sembelit.  Jika sudah demikian, waktunya Anda untuk mengonsumsi  air putih atau minuman olahraga yang rendah gula dan tinggi elektrolit.

7. Detak Jantung Meningkat

Jika Anda kurang minum air putih, maka Anda akan mengalami dehidrasi. Penting untuk diketahui bahwa dehidrasi yang tidak diobati dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan membuat detak jantung tegang. Ini bisa terjadi ketika Anda sudah berada pada level dehidrasi tingkat akut.

Demikian 7 akibat kurang minum air putih yang bisa terjadi. Mari perbanyak minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas sehari untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini