Info

5 Khasiat Bawang Lanang, Salah Satunya Menekan Kolesterol Jahat

Selain menekan kolesterol jahat, apa khasiat bawang lanang lainnya?

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi bawang lanang/bawang putih tunggal. (Shutterstock)
Ilustrasi bawang lanang/bawang putih tunggal. (Shutterstock)

Himedik.com - Bawang putih tunggal atau disebut juga dengan bawang lanang mungkin masih asing di telinga Anda. Padahal khasiat bawang lanang sangatlah banyak untuk kesehatan.

Bawang lanang ini berbentuk bulat berukuran kecil hanya 2-5 sentimeter saja serta memiliki rasa dan aroma. Jenis bawang ini banyak diminati masyarakat sebagai alternatif mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Tapi sebenarnya, apa saja khasiat bawang lanang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut sederet khasiatnya, dilansir dari Suara.com.

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Penelitian menunjukkan dengan konsumsi rutin selama 4 minggu, terdapat penurunan kadar kolesterol jahat di dalam darah hingga mencapai 12%. Jadi bawang putih lanang bisa menjadi opsi Anda untuk menekan kolesterol jahat.

2. Membantu Mencegah Komplikasi Kehamilan

Keseimbangan enzim merupakan hal penting untuk menjaga kondisi ibu dan janin. Dengan kandungan di dalam bawang putih tunggal, dapat memaksimalkan kinerja enzim yang menurun saat ibu dalam masa kehamilan, sehingga membantu mencegah komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi. 

3. Mencegah Kanker

Konsumsi bawang lanang juga diklaim dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh pada beberapa jenis kanker, khususnya kanker yang berhubungan dengan area usus. Diketahui terdapat kandungan organosulfur yang ada di dalam bawang lanang yang bisa membantu tubuh dalam proses detoksifikasi setiap waktu.

4. Menjaga Kesehatan secara Keseluruhan

Dengan meningkatkan daya tahan tubuh secara umum, konsumsi bawang tunggal dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Anda. Konsumsinya bisa dikunyah secara langsung, atau dicampurkan ke dalam masakan maupun dijadikan campuran minuman.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan senyawa dalam bawang lanang ini bisa membantu menjaga kondisi dan fungsi otak, serta merangsang pertumbuhan sel neuron. Dengan demikian, daya ingat jangka pendek dan jangka panjang akan dapat ditingkatkan secara signifikan.

Demikian 5 khasiat bawang lanang yang baik untuk kesehatan. Coba konsumsi rutin dan rasakan manfaatnya!

Berita Terkini