Info

Jangan Langsung Berbaring setelah Makan, 4 Bahaya Ini Mengintai

Ketika Anda langsung berbaring setelah makan, maka kinerja pencernaan akan berkurang.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi berbaring setelah makan. (Pexels)
Ilustrasi berbaring setelah makan. (Pexels)

Himedik.com - Setelah menyantap makanan, biasanya kantuk akan menghampiri. Di situasi ini, banyak yang tidak tahan akan godaan untuk rebahan. Namun tentu Anda kerap mendengar teguran untuk tidak langsung berbaring setelah makan. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada sederet bahaya langsung berbaring setelah makan.

Mulai dari masalah pencernaan hingga berat badan, berikut 4 bahaya langsung berbaring setelah makan, dirangkum dari Suara.com.

1. Risiko GERD

Penyakit asam lambung atau GERD bisa jadi risiko utama yang Anda alami. Posisi berbaring meningkatkan risiko makanan yang dicerna di perut naik ke tenggorokan bersama dengan asam lambung.

Sensasinya akan sangat tidak nyaman, seperti terbakar di tengah dada dan tulang belakang. Hal ini juga akan berdampak pada jangka panjang, dan membuat kenyamanan Anda terganggu saat beraktivitas.

2. Risiko Kenaikan Berat Badan

Kenaikan berat badan juga jadi risiko yang harus ditanggung para pegiat rebahan setelah makan. Hal ini karena berbaring memicu datangnya kantuk, dan tidur setelah makan adalah resep yang sempurna untuk menambah berat badan.

Kalori yang masuk tidak akan sempat terbakar dengan aktivitas dan gerakan fisik, namun justru tertimbun di dalam tubuh. Memang tidak selalu menuju pada tidur, namun berbaring setelah makan juga tidak baik dibiasakan karena memperlambat metabolisme tubuh.

3. Kualitas Tidur Terganggu

Setelah makan dalam porsi penuh, tubuh memerlukan waktu untuk melakukan pencernaan secara sempurna. Organ pencernaan akan bekerja dengan optimal, ketika Anda duduk dalam posisi yang ideal.

Ketika Anda berbaring setelah makan banyak, maka kinerja pencernaan akan berkurang. Akibatnya ketika tiba waktu tidur nanti, makanan masih harus dicerna oleh tubuh dan dapat mengganggu kualitas tidur yang Anda miliki.

4. Risiko Stroke

risiko yang tak kalah menakutkan adalah stroke yang dapat meningkat potensinya saat Anda memiliki kebiasaan berbaring setelah makan. Hal ini disampaikan dalam sebuah studi di University of Ioannina Medical School, Yunani.

Orang-orang yang memberikan jeda beberapa saat untuk berbaring setelah makan memiliki risiko rendah terkena stroke, jauh lebih rendah daripada orang-orang yang berbaring tepat setelah makan.

Itulah 4 bahaya langsung berbaring setelah makan yang harus Anda sadari, sehingga bisa mulai mengurangi kebiasaan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini