cancel
Kamis, 02 Februari 2023

Cegah Kerusakan Mata dengan Menghindari Kebiasaan Buruk Ini

Salah satunya sering mengucek mata

Rosiana Chozanah
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Ilustrasi mata rusak (Shutterstock)
Ilustrasi mata rusak (Shutterstock)

Himedik.com - Faktor biologis seperti genetik, usia, dan lingkungan dapat memengaruhi kesehatan penglihatan. Namun, penglihatan yang buruk bisa disebabkan oleh kebiasaan dan pilihan gaya hidup yang buru, serta penyakit tertentu.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 2,2 miliar orang di seluruh dunia mengalami gangguan penglihatan jarak dekat maupun jauh.

Sementara, setidaknya 1 miliar, atau hampir setengahnya, dari kasus tersebut dapat dicegah atau belum ditangani, lapor Hindustan Times.

Kepala Medis di Vision Eye Centre New Delhi, Tushar Grover, menjelaskan penyebab masalah penglihatan yang dapat dicegah, yakni:

1. Terlalu banyak menggunakan smarthphone atau gadget

Cahaya dari gadget dapat mengganggu penglihatan bila terpapar selama berjam-jam setiap hari, terutama jika mencoba membaca teks terlalu kecil terlalu sering.

Menatap layar secara terus-menerus juga dapat menyebabkan mata kering, sakit kepala, dan ketegangan mata. Terlalu banyak paparan layar dapat menyebabkan penglihatan kabur dan tidak jelas.

Ilustrasi mata lelah (Freepik/Yanalya)
Ilustrasi kerusakan mata (Freepik/Yanalya)

2. Merokok

Merokok dan penggunaan tembakau lainnya telah dikaitkan dengan kondisi serius seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Tidak memakai kacamata hitam saat matahari terik

Terlalu sering mengekspos mata ke sinar UV dapat berbahaya jika tidak menggunakan kacamata hitam. Sinar berbahaya ini dapat menyebabkan masalah penglihatan, seperti degenerasi makula dan kanker mata.

4. Sering mengucek mata

Terlalu sering mengucek mata dapat merusak permukaan luar mata, sehingga menyebabkan rasa perih. Selain itu, kebiasaan ini dapat memindahkan kuman di tangan ke mata.

Sering mengucek mata juga dapat menyebabkan melemahnya kornea.

Bila merasa perlu untuk mengucek mata, ganti dengan memercikkan air atau menggunakan kompres dingin untuk meredakan iritasi.

Terkait

Terkini