Info

Deteksi Kanker Mata Kurang dari 1 Detik, Peneliti Ciptakan Perangkat 3D Ini!

Peneliti mengembangkan perangkat 3D yang mempu mendeteksi kanker mata kurang dari 1 detik.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kanker mata - (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi kanker mata - (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Kanker mata termasuk kondisi medis serius, yang mana deteksi dini bisa membantu meningkatkan peluang harapan hidup pasiennya.

Para peneliti telah mengembangkan perangkat 3D yang bisa membantu mendeteksi kanker mata dengan cara yang cepat, efisien dan murah.

Perangkat 3D ini bisa menangkap gambar mata yang membantu mendeteksi glaukoma, yakni masalah kesehatan mata yang harus dideteksi lebih dini.

Perangkat itu bisa menangkap gambar retina, bagian belakang mata dan kornea dan dapat ditambahkan ke slit lamp yang biasa digunakan oleh optometris untuk memeriksa kesehatan mata.

Teknologi ini memungkinkan seseorang untuk mengambil selfie bagian retina mata mereka, yang berarti perangkat 3D ini bisa digunakan sendiri di rumah.

Perangkat ini telah dikembangkan oleh Dokter Mario Giardini, Dokter Ian Coghill, dan Kirsty Jordan, di Departemen Teknik Biomedis Universitas Strathclyde.

"Jadi, pasien bisa mendeteksi kanker mata dengan mudah dan murah tanpa bantuan spesialis. Apalagi perangkat 3D ini bisa membantu mendeteksi kanker mata dalam waktu kurang dari 1 detik dan aman," kata Dokter Mario Giardini dikutip dari Express.

Ilustrasi kanker mata. (Pixabay)
Ilustrasi kanker mata. (Pixabay)

Teknologi ini memiliki potensi untuk merevolusi penyaringan dan tindak lanjut dalam komunitas kondisi seperti glaukoma.

Konsultan Dokter Mata di NHS Forth Valley, yang telah berkolaborasi dengan Dr Giardini pada proyek oftalmologi sebelumnya, mengatakan begitu banyak hal yang bisa dilakukan dokter mata menggunakan perangkat 3D tersebut.

"Sebagai alumnus University of Strathclyde, saya bangga dapat bekerja sama dengan tim yang membantu mengembangkan teknologi ini yang berpotensi meningkatkan kualitas perawatan dan kesesuaian pasien," kata Jamie Thomson, Managing Director IDCP Scotland.

Ada beberapa jenis kanker yang mempengaruhi mata, termasuk:

  1. Melanoma mata
  2. Karsinoma sel skuamosa
  3. Limfoma
  4. Retinoblastoma

Kanker juga bisa berkembang di jaringan sekitar bola mata Anda atau menyebar ke mata dari bagian tubuh lain, seperti paru-paru atau payudara.

Kanker mata tidak selalu menyebabkan gejala yang jelas dan hanya dapat diketahui selama tes mata rutin. Karena itulah, kanker mata sering terlambat dideteksi.

Sementara itu, berikut ini beberapa gejala kanker mata yang harus diwaspadai.

  1. Bayangan, kilatan cahaya, atau garis goyang dalam penglihatan Anda
  2. Penglihatan kabur
  3. Bercak hitam di mata yang semakin membesar
  4. Kehilangan penglihatan sebagian atau seluruhnya
  5. Satu mata menonjol
  6. Benjolan di kelopak mata Anda atau di mata Anda yang semakin besar ukurannya
  7. Rasa sakit di atau di sekitar mata Anda, meskipun ini jarang terjadi

Berita Terkait

Berita Terkini