Info

Tak Pernah Merokok, Pasangan Suami Istri Ini Idap Kanker Paru-paru Stadium 4!

Pasangan suami istri yang tak pernah merokok ini menderita kanker paru-paru stadium 4.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi pasangan. (PIxabay/Olessya)
Ilustrasi pasangan. (PIxabay/Olessya)

Himedik.com - Pasangan suami istri di Selandia Baru didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium lanjut, meskipun keduanya bukan perokok aktif.

Graham Brooke-Smith, seorang non-perokok, didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 beberapa bulan lalu dan sekarang penyakit itu sudah menyebar ke tulang belakangnya.

Kini, ia sedang berusaha menjalani pengobatan kanker paru-paru supaya memiliki lebih banyak waktu bersama keluarganya.

Tapi di tengah proses pengobatannya, istri Graham, Mery juga didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 beberapa bulan setelah suaminya.

Pada kasusnya kali ini, kanker paru-paru lebih agresif karena telah menyebar ke tulang belakang dan tulang pahanya sehingga membutuhkan pembedahan.

Tetapi, serangkaian pengobatan kanker paru-paru yang dijalaniolesh Graham dan Merry pastinya membutuhkan banyak biaya. Karena itu, kerabatnya pun menerima sumbangan yang diumumkan secara online melalui sebuah platform.

Ilustrasi kanker paru-paru. [Shutterstock]
Ilustrasi kanker paru-paru. [Shutterstock]

Di tengah usaha itu, Merry berhasil menjalani operasi untuk memperkuat tulang pahanya yang telah terkena kanker. Kini, ia mulai melanjutkan perawatan kemoterapi dan imunoterapi.

"Melalui metode kemoterapi ini, kami bsa bertahap selama 4 tahun atau lebih," kata Graham dikutip dari News Week.

Sayangnya, belum diketahui pasti penyebab Graham dan Mery didiagnosis menderita kanker paru-paru meskipun bukan perokok aktif.

Anda harus tahu bahwa kanker stadium 4 itu berarti kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya. Pada tahap inilah disebut kanker stadium lanjut atau metastasis.

Sebaliknya, kanker stadium 1 biasanya mengacu pada kanker yang belum tumbuh jauh ke dalam jaringan terdekat dan bisa disebut sebagai kanker stadium awal.

Berita Terkait

Berita Terkini