Info

Isu Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Begini Caranya Berhenti Ketagihan!

Harga mie instan yang akan naik 3 kali lipat cukup menghebohkan, karena banyak orang ketagihan mengonsumsinya.

Shevinna Putti Anggraeni

Mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)
Mie instan (Pixabay/digitalphotolinds)

Himedik.com - Isu harga mie instan akan naik 3 kali lipat cukup menghebohkan di Indonesia. Mesksipun kebijakan ini masih belum terealisasi, isu ini cukup mencuri perhatian publik.

Padahal sebenarnya harga mie instan memang sudah naik, meskipun belum sampai 3 kali lipat.

Contohnya, Indomie kuah rasa ayam bawang satu dus berisi 40 pcs mie instan sudah mencapai Rp96.000 atau jika dihitung ecer berarti Rp2.500 per pcs. Namun kini harganya melonjak menjadi Rp3.000 per pcs.

Isu kenaikan harga mie instan cukup menjadi perhatian, karena banyak orang suka mengonsumsi mie instan. Bahkan, makanan ini sering menjadi pilihan di kala akhir bulan.

Tak bisa dipungkiri, mie instan memang membuat orang ketagihan. Tapi dilansir dari Hello Sehat, Anda harus tahu bahwa ini juga berisiko bagi kesehatan.

Sebab, cukup sulit untuk melepaskan diri dari ketagihan mie instan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berhenti ketagihan mie instan.

Ilustrasi mie instan (freepik)
Ilustrasi mie instan (freepik)

1. Jangan langsung berhenti

Anda jangan langsung berhenti makan mie instan sama sekali. Karena, ini justru akan membuat Anda semakin ingin mengonsumsinya.

Anda bisa memulai dari mengurangi frekuensi makan mie instan. Misalnya, Anda bisa membatasinya 2 kali seminggu dan semakin jarang secara bertahap.

2. Ganti bumbu mie instan dengan rempah alami

Salah satu yang membuat mie instan nagih adalah rasa gurihnya. Karena itu, Anda bisa mengganti bumbu mie instan dengan rempah alami ketika ingin berhenti ketagihan. Dengan begitu, lidah akan semakin terbiasa dengan rasa-rasa alami tersebut.

3. Tambahkan sayur atau pelengkap lainnya

Anda juga bisa menambahkan sayur, telur atau pelengkap lainnya ke dalam mie instan. Karena, mie instan itu gizinya sangat minim sehingga Anda perlu menambahkan makanan sehat ke dalamnya.

4. Jangan menyimpan mie instan di rumah

Bila ada mie instan di rumah, Anda akan semakin tergoda untuk mengonsumsinya. Karena itu, lebih baik tidak menyimpan atau menyetok mie instan di rumah agar rasa ketagihan itu akan hilang dengan sendirinya.

5. Belajar masak

Kebanyakan orang ketagihan makan mie instan karena penyajiannya yang sangat mudah. Anda bisa menghentikan rasa ketagihan ini dengan belajar masak.

Berita Terkait

Berita Terkini