Info

Gejalanya Hampir Mirip, Ini Lho Perbedaan Cacar Monyet dan IMS!

Cacar monyet dan IMS adalah kondisi yang sangat berbeda meskipun beberapa gejalanya terlihat mirip.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi organ intim. (Shutterstock)
Ilustrasi organ intim. (Shutterstock)

Himedik.com - Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang sering ditemukan di Afrika barat atau Afrika tengah.

Virus cacar monyet ini pertama kali ditemukan di Inggris awal tahun 2022. Sejak itulah, virus cacar monyet ini mulai menyebar secara global.

Negara dengan kasus cacar monyet terbanyak adalah Amerika Serikat (5.175 kasus), Spanyol (4.298), Jerman (2.677), Inggris (2.546), Prancis (1.955), Brasil (1.369), Belanda (879), Kanada (803), Portugal (633) dan Italia (479).

Sayangnya, banyak orang salah paham mengenai cacar monyet yang disangka mirip dengan infeksi menular seksual (IMS).

Meskipun gejala cacar monyet menyerang organ intim, penyakit langka ini bukanlah infeksi menular seksual (IMS).

Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. (Pixabay)
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. (Pixabay)

Cacar monyet memang menyebar melalui kontak dekat, termasuk hubungan seks. Namun, gejala cacar monyet ini muncul antara 5 sampai 21 hari pada orang yang terinfeksi.

Gejala cacar monyet pun sedikit berbeda dengan infeksi menular seksual, antara lain:

  1. Demam tinggi
  2. Sakit kepala
  3. Nyeri otot
  4. Sakit punggung
  5. Kelenjar bengkak
  6. Menggigil
  7. Kelelahan
  8. Nyeri sendi

Ruam akan muncul setelah gejala-gejala tersebut. Ruam cacar monyet ini biasanya muncul 1 sampai 5 hari setelah gejala pertama.

"Ruam sering dimulai di wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk mulut, alat kelamin dan anus," kata NHS dikutip dari Daily Star.

Anda mungkin juga mengalami nyeri dubur atau pendarahan dari pantat. Ruamnya mirip dan sering disalahartikan sebagai cacar air.

Ruam cacar monyet kemudian dimulai dari bintik-bintik yang terangkat dan berubah menjadi lepuh kecil berisi cairan yang akhirnya membentuk koreng.

Faktor lain yang membuat cacar monyet mirip dengan IMS adalah luka yang melepuh. Herpes genital salah satu penyakit yang mirip cacar monyet, karena menimbulkan luka lepuh di area genital.

Kutil kelamin yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), juga menghasilkan lepuh yang mungkin berwarna seperti daging dan gatal.

Perbedaan IMS dan Cacar Monyet

Salah satu perbedaan terbesar antara monkeypox dan IMS lainnya terletak pada cara penyebarannya. IMS menyebar terutama melalui kontak seksual, baik vagina maupun anal. Sedangkan, cacar monyet tidak.

Cacar monyet menyebar melalui kontak kulit ke kulit yang berarti seseorang dapat tertular tanpa berhubungan seks.

Berita Terkait

Berita Terkini