Info

Pakar Jelaskan Gejala Awal Gagal Jantung yang Seringnya Tidak Diperhatikan Penderita, Apa Saja?

Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen ke organ lain.

Rosiana Chozanah

Ilustrasi penyakit jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit jantung - (Shutterstock)

Himedik.com - American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa gejala awal gagal jantung bisa terasa sangat 'halus' hingga penderitanya tidak sadar pentanda tersebut.

Dalam laporannya yang terbit di jurnal medis Circulation pada Kamis (18/8/2022) AHA menguraikan pengetahuan baru tentang gejala gagal jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menyadur Insider, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa cukup darah dan oksigen ke organ lain. Kondisi ini dapat berakibat fatal.

Gejala awal gagal jantung

AHA menjelaskan bahwa gejala awal gagal jantung bisa berupa sakit perut, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Semua itu bisa dianggap tidak berbahaya.'

Ilustrasi mengalami gejala gagal jantung (Shutterstock)

Pengecilan otot sebagai akibat dari gagal jantung dapat menunjukkan bahwa penyakit telah berkembang ke tahap yang lebih lanjut.

"Gejala awal dan terasa 'halus' juga bisa menjadi pertanda memburuknya gagal jantung," tulis AHA.

Selain itu, ciri khas dari gagal jantung adalah masalah pernapasan parah. Pada tahap ini, penyakit sudah mencapai tahap berisiko mematikan.

Gangguan paru obstruktif kronis, yang juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, dapat terjadi secara bersamaan dengan gagal jantung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan AS (CDC) menambahkan bahwa tanda umum lain dari gagal jantung adalah merasa lelah dan pembengkakan pada kaki atau pergelangannya.

Gagal jantung biasanya tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan yang dilakukan sejak dini dapat membantu penderita hidup lebih lama dengan kualitas hidup yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini