cancel
Jum'at, 27 Januari 2023

Minum Teh saat Perut Kosong Bisa Bahaya, Ini Alasannya

Minum teh saat pagi hari dapat mempengaruhi pencucian bakteri dari mulut ke usus, yang kemudian mengganggu metabolisme dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Yasinta Rahmawati
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Ilustrasi minum teh. (Pixabay)
Ilustrasi minum teh. (Pixabay)

Himedik.com - Teh menjadi salah satu minuman wajib di pagi hari bagi banyak orang. Namun tahukah Anda? minum teh saat perut masih kosong ternyata bisa memicu gangguan kesehatan. 

Teh memang mengandung banyak antioksidan dan bisa meningkatkan kekebalan juga metabolisme tubuh. Namun ahli gizi dari India Dr Rohini Patil, MBBS, mengatakan bahwa minum teh saat perut kosong setiap pagi dapat memicu asam lambung dan merusak pencernaan.

Dia menjelaskan kalau minum teh saat pagi hari dapat mempengaruhi pencucian bakteri dari mulut ke usus, yang kemudian mengganggu metabolisme dan menyebabkan gangguan pencernaan, seperti menimbulkan rasa mulas. 

Karena itu, disarankan minum teh di pagi hari sambil makan sesuatu. Merangkum dari India Express, Patil mengungkapkan sejumlah efek samping lain dari minum teh di pagi hari.

1. Sakit kepala

Minum teh saat perut masih kosong justru bisa sebabkan sakit kepala setelah mengonsumsinya. Patil menyarankan, minum lebih banyak air mineral sebelum tidur dapat membantu ringankan sakit kepala.

Ilustrasi minum teh. (Pixabay)
Ilustrasi minum teh. (Pixabay)

2. Gangguan pencernaan dan dehidrasi

Karena teh bersifat diuretik, ia menyebabkan buang air kecil terus menerus yang membuat tubuh dehidrasi.  Di sisi lain, teofilin, zat kimia dalam teh, dapat memiliki efek dehidrasi pada koprolit, yang juga dapat menyebabkan konstipasi.

 3. Menghambat penyerapan nutrisi

Teh mengandung senyawa tanin, yang menghambat penyerapan zat besi dari makanan. Selaij itu, kandungan kafein juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi.

4. Keasaman

Teh mengganggu asam basa cairan lambung, dan keseimbangan basa, yang menyebabkan keasaman. Dengan refluks asam, tubuh bisa merasakan sakit di dada bagian bawah atau GERD. GERD adalah bagian dari reaksi teh asam di perut. Namun kabar baiknya, kondisi itu bisa dicegah dengan minum teh berbarengan dengan sarapan atau dengan camilan lain.

"Segelas air hangat bisa membuat Anda tetap sehat. Waktu terbaik untuk minum teh adalah sekitar jam 3 sore, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah flu dan pilek,” ujar Patil.

Terkait

Terkini