Info

Dikenal Sehat, Teh Bunga Telang Bisa Menimbulkan 4 Efek Samping Ini

Konsumsi dari teh bunga telang tidak boleh berlebihan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi teh bunga telang (Shutterstock)
Ilustrasi teh bunga telang (Shutterstock)

Himedik.com - Popularitas bunga telang atau butterfly pea belakangan meningkat pesat seiring manfaat yang dibawanya. Bunga telang kini umum diolah menjadi teh yang dipercaya punya khasiat antioksidan dan antiinflamasi. Tetapi perlu dipahami bahwa ada efek samping teh bunga telang, terlebih ketika dikonsumsi berlebihan.

Untuk memahami efek samping yang ditimbulkan, simak penjelasannya di bawah ini, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Adanya Asam Oksalat

Mengapa asam oksalat jadi highlight dari efek samping teh bunga telang? Sebab asam ini dapat memberikan efek anti gizi pada tubuh. Gizi lain yang sudah masuk ke dalam tubuh bisa terikat oleh asam ini, sehingga tubuh justru akan mengalami kekurangan asupan gizi.

Maka dari itu konsumsi dari teh bunga telang sendiri tidak boleh berlebihan. Ukurannya tetap harus seimbang dengan konsumsi makanan dan minuman lain, sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk menjaga semua fungsi organ dan kesehatan.

Ilustrasi bunga telang, bunga dengan segudang manfaat. (Dok. Elements Envato)
Ilustrasi bunga telang, bunga dengan segudang manfaat. (Dok. Elements Envato)

2. Risiko Diare dan Mual

Efek samping kedua adalah jika dikonsumsi secara berlebihan teh bunga telang bisa memicu diare dan rasa mual pada peminumnya. Berbagai kandungan yang ada di dalam bunga telang sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa.

Namun seperti kebanyakan hal yang ada di dunia, dalam kadar berlebihan hal ini juga akan memberikan risiko dan dampak buruk. Diare dan mual awam dialami oleh orang-orang yang meminum teh bunga telang dalam jumlah banyak.

3. Menjadi Pemicu Batu Ginjal

Adalah kandungan asam oksalat, lagi-lagi, yang menjadi pemicu dari risiko ini. Karena mengikat banyak senyawa dan nutrisi lain yang masuk di dalam tubuh, maka senyawa tertentu akan terbentuk dan menjadi padat.

Senyawa ini akan tertimbun di dalam ginjal dan memicu terjadinya batu ginjal. Ini mengapa konsumsi teh bunga telang tidak dianjurkan dalam dosis yang berlebihan.

4. Hati-Hati ketika Digunakan untuk Mata

Tidak sedikit orang yang menggunakan bunga telang sebagai kompres mata untuk membantu meringankan berbagai keluhan pada mata. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, sebab jika tidak steril rendaman bunga telang ini justru akan memicu infeksi jamur pada mata.

Itu tadi, sedikit penjelasan mengenai efek samping teh bunga telang saat digunakan dalam kadar yang berlebihan dan tanpa memperhatikan kebersihannya. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

(Kontributor: I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini