Info

Lama Durasi Ideal Gosok Gigi, Haruskah sampai 5 Menit seperti Cinta Laura?

Tak cuma menggosok gigi, Cinta Laura juga memaksimalkan kebersihan gigi dengan melakukan flossing.

Yasinta Rahmawati

Cinta Laura. (Instagram/Cinta Laura)
Cinta Laura. (Instagram/Cinta Laura)

Himedik.com - Aktris Cinta Laura baru saja membeberkan kebiasaan yang tak banyak orang tahu tentang dirinya. Ia mengaku begitu menjaga kesehatan gigi, sehingga ia selalu gosok gigi cukup lama hingga 5 menit.

"Bisa sampai 5 menit karena aku orangnya paling detail soal kebersihan gigi, aku paling nggak tahan lihat karang gigi," ungkapnya, dikutip dari video yang diunggah ulang akun Instagram @lambegosiip, Sabtu (20/1/2024).

Aktris keturunan Indonesia-Jerman ini sudah peduli pada kesehatan gigi sejak usia remaja, sehingga tak heran bila kebiasaan itu terbawa hingga kini.

Terlebih ia bekerja di dunia hiburan sehingga ingin memastikan setiap detail penampilannya selalu enak dipandang.

"Jadi itu selalu kebawa sampai aku berdandan, membersihkan diri dan sebagainya," sambung Cinta Laura.

Mendengarkan nasihat dari dokter, maka gosok gigi dua kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur adalah hal yang wajib baginya.

Tapi tak cuma menggosok gigi, Cinta Laura juga memaksimalkan kebersihan gigi dengan melakukan flossing. "Itu penting banget supaya gigi kita enggak bolong, bau mulut, itu semua kulakukan," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, rajin gosok gigi adalah hal wajib karena merupakan cara efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika tidak dilakukan, bisa menyebabkan beberapa masalah serius seperti periodintis atau gingivitis.

Namun, berapa lamakah durasi sikat gigi yang benar atau dianjurkan? Haruskah seperti yang Cinta Laura lakukan, yakni 5 menit?

Dikutip dari Times of India soal durasi gosok gigi, menunjukkan mayoritas orang hanya menggosok gigi selama 30-45 detik.

Padahal sebagian besar dokter gigi setuju bahwa seseorang harus menyikat gigi selama dua menit, yaitu 1 menit untuk gigi rahang atas dan 1 menit untuk gigi rahang bawah.

Namun tentunya, durasi sikat gigi bisa berbeda pada setiap orang, tergantung dari kondisi gigi dan mulut seperti lebih susunan yang lebih berantakan atau memakai behel.

Selain memperhatikan durasi menyikat gigi, penting untuk perhatikan juga alat serta cara menyikatnya. Sangat dianjurkan untuk memilih sikat dengan bulu yang lembut. Pasalnya, bulu yang keras bisa menyebabkan abrasi pada email gigi dan membuat gigi menjadi sensitif.

Selain itu, jangan beri terlalu kuat tekanan saat menggosok gigi karena bisa merusak email gigi maupun jaringan gusi.

Berita Terkait

Berita Terkini