Info

4 Cara Efektif Mencegah Osteoporosis, Mulai dari Sekarang agar Tak Menyesal saat Tua

Mencegah osteoporosis perlu dilakukan sejak masih muda.

Yasinta Rahmawati

<p><a href=Ilustrasi olahraga (Pixabay/UptownFitness)

">

Himedik.com - Osteoporosis atau tulang yang keropos menjadi mimpi buruk bagi orang-orang dengan usia lanjut, karena berarti keterbatasan gerak yang meningkat. Tak heran jika berbagai cara dilakukan untuk mencegah osteoporosis terjadi agar masa tua tetap bisa dinikmati dengan keleluasaan.

Upaya pencegahan kondisi ini harus dilakukan secara konsisten sejak usia yang masih muda, sebab osteoporosis sendiri adalah kondisi yang dihasilkan dari kebiasaan gerak yang kurang baik. Secara singkat, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

1. Melakukan Tes Kepadatan Tulang

Tes skrining ini bisa dilakukan secara berkala pada fasilitas kesehatan yang menyediakannya. Tujuannya sederhana, untuk mengetahui kepadatan tulang yang Anda miliki dan melakukan pemantauan dari waktu ke waktu.

Pemahaman kondisi kepadatan tulang bisa membantu Anda melakukan langkah tepat mencegah dan menangani osteoporosis.

2. Hindari Melakukan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah konsumsi minuman beralkohol, konsumsi minuman bersoda, dan kebiasaan kurang gerak di usia muda. Kombinasi ketiganya bisa menjadi resep sempurna untuk kondisi osteoporosis di usia senja.

Jadi, hindari ketiganya, dan terapkan pola hidup yang lebih sehat ya!

Ilustrasi gerakan senam osteoporosis. (Elements Envato)
Ilustrasi gerakan senam osteoporosis. (Elements Envato)

3. Makanan Sehat dan Asupan Nutrisi

Dalam rangka menjaga kepadatan dan kesehatan tulang, Anda juga harus senantiasa menjaga asupan kalsium dan vitamin D setiap saat. Kedua nutrisi ini memiliki peran besar atas kesehatan dan kepadatan tulang, kini dan nanti.

Makanan-makanan dengan kandungan yang benar-benar baik diperlukan sejak usia muda. Misalnya saja produk olahan susu rendah lemak, sereal tinggi kalsium, olahan kedelai, kacang almond, hingga sayuran hijau.

Anda juga bisa melakukan kebiasaan berjemur seperti yang telah jadi kebiasaan beberapa waktu belakangan selama 10 hingga 15 menit setiap hari di pagi hari. Dengan begini asupan vitamin D yang diperoleh tubuh bisa benar-benar optimal.

4. Rutin Melakukan Olahraga

Terakhir untuk mencegah osteoporosis adalah dengan rutin melakukan berbagai jenis olahraga. Orang yang rutin berolahraga memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih baik, terlebih ketika dikombinasikan dengan kebiasaan sehat dan asupan nutrisi lengkap setiap hari.

Tidak perlu berupa olahraga berat, asalkan dilakukan secara rutin dan konsisten sebagai bagian dari kebiasaan Anda.

Itu tadi beberapa cara sederhana untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Jelas, konsistensi dan disiplin akan mengambil peran besar dalam upaya ini. Jadi, selalu lakukan kebiasaan dan olahraga rutin, agar risiko pengeroposan tulang bisa dihindari.

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini