Info

Gigi Berlubang Tak Boleh Disepelekan, Dokter Ingatkan Hal Ini

Kasus gigi berlubang bisa sebabkan kematian, lho.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tertawa atau gigi sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi tertawa atau gigi sehat. (Shutterstock)

Himedik.com - Kasus gigi berlubang sering kali dianggap sepele oleh beberapa orang. Hal ini lantaran sebagian orang menilai selama gigi tersebut tidak sakit, maka itu bukanlah masalah. Padahal, kondisi gigi berlubang yang dibiarkan sekian lama bisa menyebabkan masalah lain, bahkan ada yang sampai berujung kematian.

Dokter Gigi sekaligus CEO Audy Dental Clinic, drg. Yulita Bong, mengatakan bahwa kasus gigi berlubang memang bisa sebabkan kematian. Kondisi ini terjadi saat gigi alami infeksi. Hal itu membuat infeksi masuk melalui akar dan memengaruhi jaringan di bawahnya.

“Kasus-kasus yang seperti itu biasanya udah infeksi parah. Jadi kalau gigi infeksi, misalnya dibiarkan, infeksinya bisa masuk ke dalam, jadi di gigi kita ada akarnya, dia akan masuk lewat akarnya dan buat infeksi di jaringan bawahnya, yaitu ada rahang di situ,” kata drg. Yulita saat diwawancarai di Grand Opening The New Audy Dental Clinic dan Aesthetic, Jumat (12/1/2024).

Ketika infeksi sudah masuk ke dalam rahang, maka dapat menyebabkan gangguan yang disebut abses. Kondisi abses di rahang ini yang sebabkan saluran pernapasan terganggu sehingga berisiko sebabkan kematian.

Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)
Ilustrasi gigi anak. (Pixabay)

"Nah, dari rahang itu kan tulang Jadi kalau misalnya ada kondisi-kondisi tertentu infeksinya parah, reaksi tubuhnya lagi nggak bagus, pertahanan tubuhnya tidak bagus, infeksinya sudah menyebar, kita nyebutnya abses. Jadi bisa di bawah rahang bisa mengenai saluran nafas,” sambung drg. Yulita.

Hal ini turut dibenarkan oleh dokter spesialis bedah plastik, dr. Puri Ambar Lestari, Sp.BP-RE, yang mengatakan bahwa kasus seperti ini sering terjadi di rumah sakit. Biasanya terjadi pada beberapa pasien yang malas merawat gigi berlubangnya.

Dikatakan bahwa ketika abses itu masuk ke dalam tubuh, itu bisa turun ke bagian tubuh yang lebih rendah. Hal ini membuat bahaya berbagai organ atau area yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, kondisi ini bisa menyebabkan kematian pada beberapa kasus.

“Abses kan sifatnya cair, maka dia akan mencari tempat yang lebih rendah dan secara jaringan anatominya. Dari rahang bisa turun ke leher, bisa turun ke dada, dan membahayakan kalau misalnya dia infeksi area sekitarnya, nah itu yang biasanya menyebabkan kematian,” jelas dr. Putri

Nantinya, ketika sudah menyebar itu, abses ini dapat membuat pembuluh darah menjadi pecah dan rapuh. Oleh sebab itu, kondisi ini berbahaya dan dapat mengancam nyawa pasien.

Itu sebabnya, ketika ada gigi berlubang, sangat perlu dilakukan perawatan yang baik demi mencegah adanya infeksi yang membahayakan nyawa.

(Suara.com/Fajar Ramadhan)

Berita Terkait

Berita Terkini