Info

Perut Anda Terasa Kembung? Mungkin Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Ini

Perut kembung bisa terjadi karena makanan berikut.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi perut kembung. (pixabay)
Ilustrasi perut kembung. (pixabay)

Himedik.com - Perut kembung membuat aktivitas terganggu dan memicu rasa tak nyaman terus menerus. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah makanan. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan keterangan jelas mengenai apa saja makanan penyebab perut kembung, sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk membatasi konsumsinya.

1. Beberapa Jenis Sayuran

Secara umum sayuran merupakan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun beberapa jenis sayuran dapat memicu rasa kembung, seperti misalnya brokoli, kembang kol, serta kubis.

Maka dari itu, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi beberapa jenis sayuran ini jika ingin terhindari dari sensasi kembung yang tidak nyaman.

2. Buah Apel

Banyak ungkapan terkenal yang menjadikan apel sebagai buah yang sangat sehat dikonsumsi, sebab kaya akan vitamin C dan antioksidan. Namun demikian kandungan fruktosa dan sorbitol di dalamnya dapat menghasilkan gas berlebih.

Meski demikian ini bukan berarti Anda tidak disarankan mengkonsumsi apel. Hanya saja, jangan berlebihan dan pastikan jumlah konsumsinya dengan bertanya pada dokter kepercayaan Anda.

Ilustrasi minum minuman bersoda. (Shutterstock)
Ilustrasi minum minuman bersoda. (Shutterstock)

3. Berbagai Minuman Bersoda

Mengutip dari Healthline, terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat perut terasa kembung. Hal ini dikarenakan minuman bersoda mengandung banyak karbondioksida di dalamnya, yang dapat memicu produksi gas berlebih di lambung.

Dalam taraf normal, konsumsi minuman jenis ini sah-sah saja. Sekali lagi, asalkan Anda tidak terlalu banyak meminumnya.

4. Jenis Makanan Berlemak

Apakah Anda gemar mengkonsumsi junk food? Yap, makanan jenis ini menjadi makanan penyebab perut kembung selanjutnya yang harus diwaspadai. Memang rasanya nikmat dan cepat disajikan, namun karena kandungan minyak dan lemaknya, jenis makanan ini jadi salah satu pemicu kembung paling populer.

Pada orang dengan kondisi sindrom iritasi usus besar, makanan jenis ini juga dapat memicu sakit perut dan diare.

5. Terlalu Banyak Bawang

Makanan penyebab perut kembung selanjutnya adalah bawang. Salah satu bumbu dapur ini hampir selalu masuk dalam komposisi makanan lezat, dan bahkan ditambahkan sebagai topping pelengkap. Namun konsumsinya yang terlalu banyak dapat memicu sensasi kembung yang tidak nyaman.

Itu tadi, setidaknya 5 makanan penyebab perut kembung yang bisa disampaikan dalam artikel singkat ini. Tentu masih banyak jenis makanan lain yang dapat memicu kondisi tersebut, namun selama konsumsinya dalam batas wajar maka rasanya tidak akan menimbulkan keluhan kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

(I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini