Info

Harus Seberapa Sering Mencuci Handuk? Ternyata Ini Lho Anjurannya

Kapan terakhir kali kamu mencuci handuk?

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi handuk (Pixabay/TesaPhotography)
Ilustrasi handuk (Pixabay/TesaPhotography)

Himedik.com - Setelah mandi, kita terbiasa menggantung handuk yang baru dipakai untuk kemudian dipakai lagi di waktu mandi berikutnya. Sampai akhirnya handuk tersebut mulai berbau tidak sedap, barulah kita terpikir untuk mencuci dan menggantinya dengan handuk yang baru.

Meski terdengar lumrah, kebiasaan ini ternyata sangatlah tidak baik. Jika kita mengetahui apa yang menempel di handuk tersebut sejak pertama kali dipakai, kita pasti akan memperlakukannya seperti halnya pakaian, yaitu langsung dicuci begitu habis digunakan.

Elizabeth Scott, PhD, profesor emeritus di Universitas Simmons di Boston, mengatakan bahwa dalam penggunaannya, handuk akan bersentuhan dengan semua bagian tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Melansir dari laman Everyday Health, begitu pertama kali digunakan, handuk dapat terkontaminasi dengan banyak hal yang dapat meningkatkan risiko infeksi, termasuk Staphylococcus aureus yang bisa menimbulkan infeksi kulit; E. coli yang biasa ditemukan di feses; serta jamur penyebab kurap.

Ilustrasi handuk (Pixabay/Alexas_Fotos)
Ilustrasi handuk (Pixabay/Alexas_Fotos)

Itu sebabnya, menurut Kelly Reynolds, PhD, profesor di Universitas Arizona Zuckerman College of Public Health di Tucson, praktik terbaik adalah mencuci handuk setiap kali habis digunakan.

Akan tetapi, masih bisa ditoleransi menggunakannya dua atau tiga kali - maksimal - selama handuk tersebut dikeringkan sepenuhnya setelah digunakan. Pengeringan ini akan membantu membunuh mikroba potensial yang ada di handuk dan menghentikan mereka berkembang.

Meski begitu, toleransi menggunakan handuk dua sampai tiga kali tidak berlaku pada orang yang memiliki luka terbuka atau goresan di tubuh, baru menjalani operasi, atau memiliki eksim atau ruam kulit.

Hal ini karena dalam kondisi tersebut, barier kulit tidak utuh, dan menggunakan kembali handuk yang sudah dipakai dapat menyebarkan infeksi atau berkontribusi pada infeksi berulang.

Lalu, apa yang akan terjadi kalau mencuci handuk lebih lama dari tiga kali pemakaian? Memang, sih, tidak semua orang akan mengalami masalah jika mereka malas mencuci handuk. Tapi, begitu handuk mulai berbau apek (yang artinya sudah berjamur), kamu dapat menginfeksi kulit dengan jamur tersebut.

Jadi, jangan malas lagi mencuci handuk setelah dipakai, ya.

(Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini