Info

4 Fakta Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi orang yang masih kesulitan untuk mulai olahraga, jalan kaki bisa menjadi alternatif.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi setelah jalan kaki. (Pixabay/Wokandapix)
Ilustrasi setelah jalan kaki. (Pixabay/Wokandapix)

Himedik.com - Prinsip dasar dalam menurunkan berat badan adalah kalori yang masuk tidak boleh lebih besar dari kalori yang keluar. Sehingga selain menjaga asupan makanan, kita juga perlu berolahraga.

Bagi orang yang masih kesulitan untuk mulai olahraga, jalan kaki bisa menjadi alternatif.  Meski terlihat remeh, jalan kaki secara rutin bisa membantu dalam usaha menurunkan berat badan.

Ilustrasi jalan kaki. (Pexels)
Ilustrasi jalan kaki. (Pexels)

Menurut ahli, dilansir The Health Site, berikut fakta berjalan kaki untuk menurunkan berat badan:

  • Berjalan kaki yang dilakukan secara benar sangat efektif menurunkan berat badan. Cara untuk meningkatkan intensitas berjalan adalah dengan memakai ransel beban. Berat tambahan dari tas dapat membuat tubuh bekerja lebih keras dan membakar kalori lebih cepat.
  • Intensitas juga dapat ditingkatkan dengan mengenakan alat beban yang dilingkarkan pada pergelangan kaki. Alat ini dapat membuat kaki dan betis lebih kuat, sekaligus menghilangkan kalori.
  • Berjalan menanjak atau mendaki bisa menjadi alternatif yang sangat efektif dalam membakar lemak. Latihan ini memengaruhi glutes, betis, detak jantung, dan dapat membakar banyak kalori.
  • Berjalan kaki dapat dicampur dengan berlari. Misalnya, berjalan sejauh empat kilometer, dikombinasikan dengan lari sejauh satu kilometer.

Berita Terkait

Berita Terkini