Pria

Susah Berhenti Merokok? Coba Lima Terapi Alternatif Ini

Kamu perlu tahu terapi alternatif apa saja yang bisa membantu berhenti merokok.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi. (shutterstock)
Ilustrasi. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi pecandu rokok, berhenti dari aktivitas merokok pasti sangat susah. Bahkan, mereka rela tidak makan daripada tidak merokok. Tapi, mungkin ada beberapa yang mulai berhenti karena alasan kesehatan, berhemat, dan lain sebagainya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut terapi alternatif yang bisa buat berhenti merokok yang berhasil Himedik rangkum.

1. Tenangkan tubuh dan pikiran dengan meditasi

Sama seperti nikotin, meditasi juga menghasilkan dopamin dalam otak yang bersifat menenangkan. Meski terlihat membosankan, namun meditasi yang benar bisa membebaskanmu dari ketergantungan rokok. Meditasi pun dianggap sebagai metode yang sederhana dan tidak memiliki banyak efek samping. Meditasi bisa dilakukan sendiri atau dengan pengawasan para ahli.

2. Gunakan teknik akupunktur

Ilustrasi akupunktur. (shutterstock)
Ilustrasi akupunktur. (shutterstock)

Akupunktur adalah metode pengobatan dengan menusukkan jarum ke titik-titik tertentu pada tubuh. Metode ini berasal dari Cina. Untuk pecandu rokok, jarum ditusukkan pada titik-titik di kepala, telinga, dan telapak kaki. Dari situ, terapis akan tahu kelemahan fisik dan keadaan jantungmu. Terapi ini akan semakin berhasil jika para pecandu rokok sudah berusaha berhenti merokok.

3. Menggunakan teknologi laser

Teknologi laser ini bernama Low Level Laser Therapy (LLLT). Sama seperti akupunktur, laser ini ditembakkan di titik-titik khusus, seperti wajah, telinga, dan pergelangan tangan. Meski begitu, jangan khawatir karena metode ini tidak menimbulkan rasa sakit dan efek samping. Namun, metode ini tidak bisa dilakukan untuk penderita kanker dan epilepsi.

4. Berhenti merokok dengan metode hipnosis

Hipnosis adalah metode dengan memberikan sugesti-sugesti ke alam bawah sadar. Dalam hal ini, terapis akan mencoba masuk ke alam bawah sadar seseorang dan mencari tahu apa memicu merokok, bahkan bisa jadi orang itu tidak menyadari.

Dengan hipnosis, para pecandu rokok akan dibuat rileks dan disugesti agar berhenti dari kebiasaan ini. Sebagai gantinya, akan diberi sugesti kebiasaan-kebiasaan yang baik. Meski begitu, tingkat keberhasilan metode ini bergantung pada motivasi. Semakin tinggi motivasi, semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya.

5. Tidak mengonsumsi nikotin dengan metode cold turkey

Alih-alih berhenti merokok, banyak orang yang memilih cara lain untuk mengonsumsi rokok dengan rokok elektrik, tembakau kunyah, permen karet, dan lain-lain. Sementara, cold turkey adalah terapi alternatif dengan menghentikan konsumsi nikotin sama sekali alias nol persen. Butuh niat yang kuat untuk melakukan metode ini. Sebagai saran untuk melakukannya, perlu dukungan dari rekan sesama perokok atau keluarga. Minta tolong mereka untuk terus mengingatkan akan bahaya merokok.

Berita Terkait

Berita Terkini