Pria

Studi: Celana Boxer Ternyata Dapat Tingkatkan Jumlah Sperma Pria

Lelaki yang memakai celana boxer dilaporkan memiliki jumlah konsentrasi sperma (kualitas) yang lebih tinggi.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi laki-laki memakai celana boxer. (iprice.co.id)
Ilustrasi laki-laki memakai celana boxer. (iprice.co.id)

Himedik.com - Dewasa ini, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction menyatakan bahwa pria lebih dianjurkan mengenakan celana boxer daripada celana dalam. Pasalnya, hal ini dapat berpengaruh pada kualitas sperma.

Dalam penelitian tersebut, pria yang memakai celana boxer dilaporkan memiliki jumlah konsentrasi sperma (kualitas) yang lebih tinggi daripada yang memakai pakaian dalam yang ketat. Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 656 lelaki berusia 18 hingga 56 tahun.

Sampel sperma mereka diuji untuk melihat ada tidaknya kerusakan DNA sperma dan hormon reproduksi. Tak hanya itu mereka juga ditanyai seberapa sering menggunakan pakaian dalam ketat maupun celana boxer.

"Kami juga menemukan bahwa pria yang sering menggunakan celana dalam ketat memiliki hormon perangsang folikel (FSH) yang lebih rendah sebagai akibat dari peningkatan suhu skrotum dan penurunan jumlah dan konsentrasi sperma, bisa dibilang celana boxer lebih baik," ujar Dr. Lidia Mínguez-Alarcón, peneliti utama di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Dr. Lidia Mínguez-Alarcón menambahkan, temuan soal kualitas sperma ini sangat penting untuk mendorong pemahaman tentang bagaimana pemilihan pakaian dalam atau celana boxer yang ternyata mempengaruhi perkembangan seksual pria.

Hasilnya, 53 persen responden mengatakan bahwa mereka kebanyakan mengenakan celana boxer. Menurut para peneliti, pria ini biasanya lebih muda dan lebih kurus daripada mereka yang memakai jenis pakaian dalam yang lebih ketat.

Mereka yang memakai celana boxer diketahui memiliki konsentrasi sperma 25 persen lebih tinggi dan 17 persen jumlah sperma lebih banyak dibandingkan mereka yang mengenakan pakaian dalam. Mereka juga diketahui memiliki 33 persen sperma dalam satu kali ejakulasi.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel terkait pernah dimuat Suara.com dengan judul: Studi: Pria yang Pakai Celana Boxer Ternyata Spermanya Lebih Joss

Berita Terkait

Berita Terkini