Pria

Tips Mudah Hilangkan Kantuk di Pagi Hari

Rasa kantuk lumrah terjadi bagi orang yang harus memulai aktivitas di pagi hari.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi kantuk. (shutterstock)
Ilustrasi kantuk. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi beberapa orang memulai aktivitas di pagi hari sangatlah berat. Lebih lagi jika rasa kantuk tak kunjung hilang. Rasanya ingin tidur saja seharian.  

Nah, untuk mengusir rasa kantuk di pagi hari. Berikut tips mudah yang bisa dipraktikkan sehari-hari, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mendengarkan musik

Musik memiliki kekuatan magis yang dapat meningkatkan kesadaraan seseorang. Efek dari mendengarkan musim memang telah banyak menjadi bahan penelitian yang terbukti kebenarannya.

Untuk menghilangkan rasa kantuk setelah bangun tidur dengarkan lagu yang berirama cepat. Hindarkan genre musik klasik dan berirama pelan.

2. Melakukan aktivitas pagi

Duduk dan bermalas-malasan di kasur tidak akan menghilangkan rasa kantuk setelah bangun tidur. Tak ada salahnya untuk memulai aktivitas pagi. Misalnya berjalan keliling rumah, berolahraga ringan, dan sebagainya. 

3. Konsumsi makanan mengandung omega-3

Makanan mengandung omega-3. (Istimewah)
Makanan mengandung omega-3. (Istimewah)

Sebuah studi dari The University of Oxford pada 2014 memperlihatkan bahwa kandungan nutrisi omega-3 dalam tubuh bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Dapatkan nutrisi omega-3 dari asupan seperti ikan, telur, selai kacang, dan produk olahan kedelai.

4. Minum air putih setiap bangun tidur

Agar rasa kantuk di pagi hari hilang, sebaiknya membiasakan diri minum segelas air putih setiap bangun tidur. Sebab, cairan tubuh terkuras setelah tidur semalaman.

5. Mengatur kualitas tidur malam

Pastikan mendapatkan tidur cukup di malam hari agar di pagi hari rasa ngantuk tidak timbul. Tidur yang paling berkualitas adalah 7-9 jam per harinya. Pastikan juga menghindari begadang yang bisa mengurangi durasi tidur seharusnya.

Berita Terkait

Berita Terkini