Pria

Inilah Ciri Pria Memiliki Sperma Berkualitas

Pria berwajah maskulin atau sangar ternyata memiliki kualitas sperma lebih rendah dibanding pria berwajah manis

Rima Sekarani Imamun Nissa | Krishnayanti C

Pria (unsplash)
Pria (unsplash)

Himedik.com - Kualitas sperma yang dimiliki pria sangat berpengaruh pada kesuburannya. Sel sperma yang baik akan bergerak lincah dan kuat saat membuahi sel telur.

Apakah kamu termasuk pria yang memiliki sperma berkualitas? Yuk, simak ciri-cirinya.

1. Perut tak bergelambir

Tidak perlu perut yang six pack, selama perut tidak bergelambir, kemungkinan besar kamu memiliki sel sperma yang kuat.

Penelitian dari tim ilmuwan di Belanda menunjukkan, pria dengan lingkar perut lebih dari 100cm memiliki konsentrasi dan jumlah sperma lebih sedikit dibanding pria yang perutnya ramping.

Timbunan lemak di perut diketahui mengganggu pelepasan hormon seks, produksi, dan perkembangan sperma.

2. Hobi makan ikan

Peneliti dari Harvard menyatakan, bila pria banyak mengonsumsi daging yang diproses, jumlah sperma berbentuk normal yang dia miliki lebih sedikit.

Ikan memiliki efek perlindungan yang membuat pria pecinta ikan memiliki sel sperma yang kuat dan sehat. Konsentrasi sperma yang dimiliki jauh lebih tinggi dibanding yang jarang makan ikan,  terutama ikan laut. 

3. Jarang pakai celana ketat

Studi di Inggris mengungkapkan bahwa pria yang sering memakai celana longgar atau boxer memiliki lebih banyak sperma yang lincah dan pintar berenang.

Selain itu, studi mengatakan bahwa celana dalam dengan potongan longgar menyebabkan temperatur organ intim lebih rendah dibanding jika memakai celana ketat.

4. Wajah tidak terlalu sangar

Menurut penelitian di Spanyol dan Finlandia, pria yang memiliki wajah maskulin ternyata kualitas spermanya lebih rendah dibanding pria berwajah manis.

Hal itu adalah "hipotesa pertukaran". Jika seorang pria mengambil lebih banyak energi pada produksi sperma, ia mungkin hanya memiliki jatah sedikit dalam perkembangan ciri seksual sekunder, misalnya pria berwajah maskulin atau berbadan kekar.

Jadi, kamu termasuk yang mana?

Berita Terkait

Berita Terkini