Pria

Pria, Ini Lima Langkah Bentuk Otot dalam Waktu Singkat

Salah satu caranya dengan memaksimalkan konsumsi protein.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pria berotot. (YouTube)
Pria berotot. (YouTube)

Himedik.com - Memiliki badan badan kekar merupakan impian setiap pria. Tak jarang mereka mencari beragam cara untuk untuk membuat tubuh kekar dengan membentuk otot.

Pria, tidak perlu khawatir! Ulasan kali ini akan merangkum tentang cara bentuk otot dalam waktu tak terlalu lama.

1. Maksimalkan konsumsi protein

Protein memiliki peran penting dalam pembentukan otot. Namun, tak hanya untuk membentuk otot protein juga dibutuhkan untuk pembentukan hormon.

Maka dari itu kamu harus memaksimalkan konsumsi protein. Menurut aturan dari National Strength and Conditioning Association, protein harian yang dipasok sebaiknya sebanyak 12 hingga 15 persen dari jumlah kalori harian.

Sumber protein. (iStock)
Sumber protein. (iStock)

2. Konsumsi kombinasi protein-karbohidrat sebelum latihan dan tidur

Penelitian yang dilakukan di Universitas Texas tahun 2001 menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung protein dan karbohidrat mampu meningkatkan pembentukan protein otot.

Maka dari itu konsumsilah kombinasi ini sekitar 30-60 menit sebelum olahraga. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi kombinasi nutrisi di atas 30 menit sebelum tidur.

Hal ini dimaksudkan supaya selama tidur, tubuh hanya mengandalkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Sehingga protein tak akan terpecah untuk dijadikan energi.

3. Latih otot-otot terbesar

Jika kamu bukan pemula dan sudah memulai latihan angkat beban sebelumnya, maka sebaiknya fokus untuk melatih otot-otot besar seperti kaki, punggung, dan dada.

4. Konsumsi karbohidrat setelah latihan

Sumber karbohidrat. (iStock)
Sumber karbohidrat. (iStock)


Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk memulihkan kondisi setelah latihan. Jika asupan karbohidrat kurang, maka tubuh akan mengambil cadangan protein di otot. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan massa otot berkurang.

5. Istirahat setelah latihan

Menurut penelitian, latihan ketahanan tubuh mampu meningkatkan proses pembentukan protein hingga 48 jam setelah latihan berakhir. Sehingga, bisa disimpulkan otot akan mulai terbentuk dan tumbuh ketika sedang beristirahat.

Terakhir jangan lupa untuk makan setiap tiga jam sekali supaya tubuh bisa terus menerus membuat protein baru.

Berita Terkait

Berita Terkini