Pria

Sering Gunakan Panci Penggorengan Bikin Mr P Semakin Mengecil

Seberapa sering kamu gunakan panci penggorengan dalam seminggu?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Sering Gunakan Panci Penggorengan Bikin Mr P Semakin Mengecil. (Kolase)
Sering Gunakan Panci Penggorengan Bikin Mr P Semakin Mengecil. (Kolase)

Himedik.com - Pernahkah terlintas dalam benakmu jika panci penggorengan yang ada di dapur bisa membuat ukuran Mr P semakin mengecil?

Para peneliti dari Universitas Padua di Italia membuktikan hal ini. Mereka mengukur ukuran Mr P dari 383 pria dengan usia rata-rata 18 tahun.

Dilansir dari Dailymail, wilayah Padua yang dekat dengan Venesia merupakan satu dari empat wilayah di dunia yang dikenal memiliki tingkat polusi PFC tertinggi.

PFC atau perfluoroalkyl merupakan bahan kimia yang bisa mengikat reseptor testosteron dan mengurangi tingkat hormon seks pria.

Akibatnya, pria tumbuh dengan Mr P yang lebih kecil, sperma yang kurang sehat serta kemampuan bergerak yang lebih lambat yang tentu akan memengaruhi tingkat kesuburan.

Pemimpin tim penelitian, Dr Andrea Di Nisio mengatakan PFC bisa datang dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kemasan makanan cepat saji, piring kertas, karpet tahan noda, pakaian anti air, dan busa pemadam kebakaran.

Ilustrasi panci penggorengan. (Unsplash/@rawpixel)
Ilustrasi panci penggorengan. (Unsplash/@rawpixel)

 

Tidak hanya itu, PFC juga ditemukan dalam beberapa lem, kosmetik, obat-obatan, produk pembersih, cat, insektisida, lilin serta peralatan elektronik.

Hasil dari penelitan itu menyebutkan mereka yang tidak terpapar memiliki rata-rata panjang 10 cm, yang diukur dari bagian atas hingga ujung, sementara yang terpapar memiliki panjang 8,75 cm.

''Mr P mereka juga lebih tipis. PFC memiliki dampak besar pada kesehatan laki-laki karena itu akan secara langsung mengganggu jalur hormonal yang berpotensi menyebabkan infertilitas pria,'' kata Dr Andrea Di Nisio.

Bahan kimia ini bisa masuk ke dalam tubuh dari makanan, minuman atau gas dan diserap oleh usus. Setelah itu akan masuk ke aliran darah.

Ini akan menjadi racun bagi janin ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Ketika janin terpapar PFC, maka ia akan menghasilkan hormon wanita yang lebih tinggi di masa depan dan memiliki ukuran Mr P yang lebih kecil.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Berita Terkait

Berita Terkini