Pria

Terlahir dengan Kondisi Begini, Anshu Optimistis Bisa Operasi dan Menikah

Anshu Kumar lahir dengan kondisi kepala yang besar.

Rendy Adrikni Sadikin | Yuliana Sere

ILUSTRASI hidrosefalus. [Shutterstock]
ILUSTRASI hidrosefalus. [Shutterstock]

Himedik.com - Terlahir dengan kondisi yang berbeda dengan anak pada umumnya tak membuat Anshu Kumar, pria asal Punjab, India kehilangan rasa optimis.

Pria berusia 22 tahun ini memiliki harapan bahwa suatu saat kondisinya dapat dioperasi sehingga ia bisa menikah.

Anshu mengalami kondisi yang tidak dapat didiagnosis oleh dokter - kepala yang besar, mata yang tampak kecil dan dalam serta rambut tipis di kepalanya.

Kondisi keuangan yang sulit membuatnya bahkan tidak bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Ia berharap pemerintah akan turun tangan dan membantu biaya pengobatannya sehingga dia bisa hidup normal.

Bayi baru lahir. (unsplash)
Ilustrasi bayi hidrosefalus. (unsplash)

 

''Saya suka bergaul dengan anak-anak di sekitar rumah saya tetapi lebih sering berjalan sendirian. Saya juga harus bekerja setiap hari selama sembilan jam di sebuah pabrik lokal,'' tuturnya.

Dia juga menambahkan,'' Saya ingin sembuh sesegera mungkin, sehingga saya bisa menikah dan memiliki keluarga. Ini adalah impian terbesarku.

'Namun orang-orang akan selalu melihatku dengan tatapan yang aneh kemana pun saya pergi karena ukuran kepalaku yang besar.

Ketika saya lahir, orangtua saya berkonsultasi dengan dokter, namun dokter mengatakan bahwa penyakit saya tidak bisa disembuhkan,' ungkapnya.

Kondisi kepala yang terlihat sangat besar disebut hidrosefalus kongenital. Kondisi ini terjadi sejak bayi dilahirkan.

Seorang bayi yang mengalami hidrosefalus bawaan ini memiliki ubun-ubun yang tampak menggelembung. Ini terjadi karena kulit bayi yang masih tipis.

Bayi dengan kondisi seperti ini memiliki mata dengan arah penglihatan ke bawah serta otot kaki yang terlihat kaku. Mereka juga rentan mengalami kejang.

Pada umumnya, bawaan ini akan membuat seseorang rewel, mual, susah makan serta mengantuk.

Berita Terkait

Berita Terkini