Pria

Pasien Main Gitar Saat Operasi Pengangkatan Tumornya

Musa Manzini tetap terjaga selama operasi pengangkatan tumor otak

Rendy Adrikni Sadikin

Ilustrasi pasien bermain gitar saat operasi tumor. (Youtube)
Ilustrasi pasien bermain gitar saat operasi tumor. (Youtube)

Himedik.com - Seorang musisi jazz asal Afrika Selatan bikin terkejut orang-orang. Sebab, dia menjalani operasi sambil memainkan gitar.

Dia adalah Musa Manzini yang tetap terjaga selama operasi pengangkatan tumor otak berdurasi enam jam sambil memetik gitar.

Keputusan itu dibuat atas dasar "mempertimbangkan karier sebagai seorang musisi" dirinya yang merupakan seorang dosen multi-instrumentalis dan universitas.

Operasi sendiri dilakukan di rumah sakit Kepala Albert Luthuli di kota Durban, Afrika Selatan dilansir dari BBC.

Operasi sendiri dilakukan oleh tim ahli bedah saraf spesialis yang dipimpin oleh Dr Basil Enicker dan Dr Rohen Harrichandparsad.

"Dengan cara ini, kita dapat menguji daerah otak sebelum tumor diangkat. Ini memungkinkan untuk peningkatan pengangkatan tumor, sambil meminimalkan kerusakan pada otak," kata Dr. Basil Enicker.

Cara ini, kata dokter Enicker, dibuat untuk meminimalkan risiko kelumpuhan atau kehilangan fungsi di korteks motorik otak yang dapat mengendalikan gerakan.

Setelah menjalani operasi tumor dan pulih nanti, Musa Manzini mengatakan bahwa ia ingin kembali naik panggung dan bermain gitar.

Suara.com/Risna Haldi

Berita Terkait

Berita Terkini