Pria

Ingin Bikin Tubuh Berotot? Pria Wajib Konsumsi 7 Makanan Ini

Karena berotot itu sesuatu..

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Randy Pangalila, salah satu artis pria yang berotot (Instagram/randpunk)
Randy Pangalila, salah satu artis pria yang berotot (Instagram/randpunk)

Himedik.com - Punya badan berotot biasanya menjadi idaman semua pria. Tubuh yang sehat dan indah bisa membuat orang lebih percaya diri karena diyakini memikili daya tarik tersendiri. 

Untuk memiliki tubuh yang berotot, pasti harus dengan usaha yang sebanding. Misalnya dengan cara olahraga teratur, tidur, dan diet sehat.

Dilansir dari WebMD, ada 7 makanan yang harus kamu konsumsi agar massa otot terbangun.

1. Buah dan sayuran   

Buah dan sayur sejatinya adalah dasar dari semua diet sehat karena mengandung serat, vitamin, mineral, dan air. Beberapa sayuran juga mengandung sedikit protein.

2. Susu

Susu rendah lemak memberikan protein, karbohidrat, dan vitamin esensial berkualitas tinggi seperti vitamin D, kalium, dan kalsium.

Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu rendah lemak. (pixabay/couleur)

Ahli gizi olahraga Christine Rosenbloom, PhD, RD, dan Nancy Clark, RD, merekomendasikan susu coklat sebagai minuman pemulihan olahraga yang baik. Jika kamu tidak toleran terhadap laktosa, kamu dapat mencoba yogurt.

3. Daging

Daging tanpa lemak adalah sumber protein, zat besi untuk transportasi oksigen ke otot, dan asam amino termasuk leusin, yang menurut Rosenbloom, dianggap sebagai pemicu pertumbuhan otot.

4. Ayam

Ayam dengan tekstur daging yang bewarna gelap dibandingkan dengan daging putih menyediakan 25% lebih banyak zat besi dan tiga kali lipat seng untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Daging ayam. (menshealth)
Daging ayam. (menshealth)

5. Telur

Menurut Rosenbloom, telur mengandung semua asam amino esensial. Satu telur per hari adalah saran yang baik berdasarkan Pedoman Diet 2010, tetapi jangan membuang kuning telurnya.

"Setengah protein ada dalam kuning telur bersama dengan nutrisi lainnya seperti lutein untuk kesehatan mata," terang Rosenbloom.

6. Kacang

Kacang diyakini sebagai sumber protein yang baik. Selain itu, kacang juga mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan lemak sehat.

7. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan karbohidrat berkualitas yang mengandung sedikit protein untuk perbaikan energi dan otot bersama dengan serat, vitamin, dan antioksidan.

Berita Terkait

Berita Terkini