Pria

Tak Ganti Celana Dalam Selama Berhari-hari, Awas Ini Bahayanya

Tidak ganti celana dalam juga buruk untuk kesehatan Anda.

Vika Widiastuti

Ilustrasi celana (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi celana (Pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Idealnya, setiap orang ganti celana dalam setiap habis mandi. Namun, ternyata 1 dari 5 laki-laki kerap memakai celana boxer dua hari berturut-turut. 

Perdebatan dimulai ketika seorang perempuan menulis status di media sosial Reddit, "Baru tahu kalau pacarku berjalan selama berhari-hari tanpa mengganti celana dalamnya, dan aku ngeri. Apakah ini hal normal, dude?"

Banyak orang menanggapi status tersebut dengan menjawab bahwa mereka mengganti celana dalam mereka setiap kali mandi, yang biasanya setiap hari (tidak termasuk saat mereka dalam perjalanan jauh, berkemah, atau saat sedang mabuk). Seorang lelaki bahkan berkomentar, "Jika saya tidak mengganti celana pendek, itu biasanya karena saya sedang depresi."

Sementara banyak orang menganggap normal mengganti celana dalam setiap kali mandi, namun tidak bagi 1 dari 5 lelaki. Pada Mei 2015, penelitian sosiologi yang dilakukan Universitas di Maryland menemukan bahwa 28 persen lelaki percaya bahwa mengenakan celana dalam yang sama dua hari berturut-turut benar-benar baik-baik saja. Dan menurut mereka, semua orang pasti memiliki hari Minggu yang malas di mana bersantai sepanjang hari dengan piyama yang tak diganti sejak semalam adalah hal wajar.

Ilustrasi celana (Pixabay/MichaelGaida)
Ilustrasi celana (Pixabay/MichaelGaida)

Tetapi seperti yang dikatakan oleh seorang warganet di Reddit, ada peringatan yang sangat penting, "Beberapa hari tanpa mandi tidaklah masalah. Tapi jika Anda mandi namun mengenakan kembali pakaian kotor, itu salah."

Lebih dari itu, tidak ganti celana dalam juga buruk untuk kesehatan Anda. Pakaian dalam, terutama celana dalam, mengandung jejak bakteri dan kotoran, yang dapat menyebabkan bau. Belum lagi penumpukan keringat dan sel-sel kulit mati yang dapat mengiritasi kulit, menyebabkan gatal, ruam, hingga infeksi jamur seperti tinea cruris. Risiko ini bakal meningkat dua kali lipat jika Anda adalah tipe yang aktif dan berkeringat.

Dilansir SUARA.com dari Men's Health, menanggapi sebuah penelitian tentang risiko kesehatan dari piyama yang tidak dicuci, profesor Sally Bloomfield dari London School of Hygiene mengatakan, "Ada sel-sel kulit mati sepanjang waktu, yang mengandung banyak mikroorganisme. Kita semua memiliki organisme kulit dan usus yang biasanya tidak berbahaya pada kulit dan usus kita. Tetapi jika mereka masuk ke tempat yang salah, mereka dapat menyebabkan masalah."

Singkatnya, mengganti celana dalam dengan yang bersih setiap kali usai mandi adalah yang terbaik. Jangan mengandalkan tes mengendus untuk mencari tahu kelayakan celana dalam bekas pakai Anda. Ingat, bakteri dapat hadir bahkan tanpa bau, dan Anda tentu tidak ingin mentransfer E.coli yang berasal dari celana dalam ke wajah Anda, demikian dikatakan Kelly Reynolds, Ph. D., direktur Lingkungan, Ilmu Eksposur, dan Pusat Penilaian Risiko di Universitas Arizona.

Tetapi, bagaimana dalam kondisi darurat? Anda dapat memakai celana dalam yang sama hingga tiga hari, maksimal, demikian saran Philip Tierno, Ph.D., profesor mikrobiologi dan patologi di NYU School of Medicine. (SUARA.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini