Pria

Pria Harus Tahu! Tomat Ternyata Bagus untuk Kualitas Sperma

Studi menunjukkan senyawa kunci dalam buah tomat mampu meningkatkan jumlah sperma.

Vika Widiastuti

Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)
Ilustrasi tomat (pIxabay/Couleur)

Himedik.com - Bukan hanya sedap dijadikan pelengkap makanan dan jus, tomat memiliki banyak manfaat. Bahkan bermanfaat untuk kesuburan lelaki.

Dikutip Suara.com dari Popular-world.com, studi menunjukkan senyawa kunci dalam buah tomat mampu meningkatkan jumlah sperma. Tak tanggung-tanggung, jumlah sperma lelaki bisa meningkat hingga 70 persen jika rutin makan buah tomat.

Menurut peneliti, manfaat ini didapat karena khasiat kandungan lycopene yang ada di dalam tomat. Diketahui, lycopene merupakan kandungan yang selama ini dipercaya juga baik untuk kesehatan kulit.

"Ada anggapan bahwa infertilitas adalah masalah perempuan karena perempuan adalah orang-orang yang memiliki bayi. Padaha; separuh kasus infertilitas terjadi karena ada masalah dengan fungsi atau kualitas sperma,” kata Karen Veness, juru bicara Infertility Network Inggris.

Tomat/unsplash
Tomat/unsplash

 

Lebih lanjut, studi ini juga menemukan bahwa lycopene tidak hanya meningkatkan jumlah sperma, namun juga kualitas sperma secara keseluruhan. Peningkatan juga terlihat pada kecepatan sperma berenang dan pengurangan jumlah sperma abnormal.

Ashok Agarwal, peneliti sekaligus direktur Pusat Klinik Pengobatan Reproduksi dari Cleveland Clinic, menyebut akan melakukan penelitian tentang manfaat lycopene lebih lanjut, dengan memberikan suplemen kepada lelaki pengidap infertilitas.

"Ada kebutuhan untuk percobaan yang lebih besar untuk menganalisis efek lycopene pada infertilitas pria, dan studi harus menentukan kelompok pasien mana yang akan memperoleh manfaat terbesar dari terapi,” katanya.

Tak hanya soal kesehatan seksual, studi lainnya juga menemukan doyan mengonsumsi tomat memiliki manfaat lain, seperti risiko lebih rendah terserang kanker prostat, paru-paru, dan perut.

Doyan makan tomat juga disebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung, membantu menurunkan kolesterol, hingga menjaga kesehatan DNA.

Nah, tunggu apa lagi! Lelaki, mulai lebih banyak makan buah tomat dari sekarang ya! (Suara.com/M. Reza Sulaiman)

Berita Terkait

Berita Terkini