Pria

Ternyata Ada Produk Pembersih Mr P, Seberapa Penting Dipakai?

seberapa pentingnya kegiatan mencuci Mr P dengan produk pembersih seperti ini?

Vika Widiastuti

Ilustrasi masalah Mr P (Shutterstock)
Ilustrasi masalah Mr P (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak produk pembersih organ intim wanita yang dijual di pasaran. Namun baru-baru ini Amazon menggemparkan publik dengan menjual spray pembersih Mr P dengan merek Boners.

Selain di situs ecommerce tersebut, produk ini juga ternyata sudah tersedia di pusat perbelanjaan di Shropshire, Inggris.

Lalu, seberapa pentingnya kegiatan mencuci Mr P dengan produk pembersih seperti ini?

Dilansir Suara.com dari laman Metro, pakar kesehatan seksual Karin O' Sullivan dari Organisasi Family Planning Association (FPA), sama seperti vagina, penis alias Mr P tidak perlu dicuci dengan sabun wangi atau pembersih agar tetap harum dan bersih.

"Sabun khusus untuk penis tidak perlu kecuali diresepkan oleh dokter. Area tubuh yang sangat sensitif ini justru akan mengalami iritasi, terutama jika terpapar bahan kimia atau parfum yang keras," ujar Karin.

ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)
ilustrasi Mr P - (Pixabay/derneuemann)

 

Menurutnya Anda hanya perlu membersihkan penis dengan sabun tanpa pewangi dan air hangat saja setiap hari. Dibandingkan menggunakan produk spray pembersih, Karin menyarankan Anda untuk membersihkan kulup penis untuk mencegah penumpukan smegma yang memicu bau tak sedap.

"Smegma kadang-kadang bisa berbau jika dibiarkan terlalu lama, dan dalam kasus-kasus ekstrem dapat menyebabkan peradangan yang disebut balanitis," imbuh dia.

Di satu sisi, smegma adalah pelumas alami yang membuat Mr P tetap lembab. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang smegma yang tidak biasa dalam hal warna, konsistensi dan bau, atau memiliki iritasi lainnya, mungkin Anda harus segera mendapatkan tes infeksi menular seksual.

Itu sebabnya Kevin tak menganjurkan penggunaan sabun atau spray atau deodoran khusus Mr P, karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri di dalamnya.

"Hanya butuh air bersih, bukan spray, deodoran atau jus lemon untuk membersihkan Mr P Anda," tandasnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini