Pria

Sakit Kanker Otak, Agung Hercules Lakukan Olahraga Renang , Apa Manfaatnya?

Agung Hercules sempat berenang sebelum menceritakan kondisinya, ternyata manfaatnya besar untuk kanker otak.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)
Agung Hercules (Instagram @agunghercules88)

Himedik.com - Agung Hercules yang sedang menderita kanker otak gliblastoma stadium 4 akhirnya menceritakan kondisinya. Ia pun tampak sumringah dan sempat olahraga berenang sebelum bercerita.

Melalui channel Youtube miliknya, Agung Hercules ditemani istrinya, Mira menceritakan perawatan dan pengobatan kanker otaknya secara singkat.

Pada awal video, Agung Hercules terlihat sempat berenang sebelum mencerita kondisi kanker otaknya sekarang.

Perlu Anda ketahui olahraga berenang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi juga kesehatan otak.

Berenang membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Tetapi melansir dari Medical Daily, berenang memberikan manfaat yang lebih pada otak.

Terutama untuk meningkatkan molekuler dan perilaku dengan memengaruhi neurotransmiter yang berkaitan dengan suasana hati dan hormon penurun stres.

Agung Hercules berenang (Youtube/Agung Hercules TV)
Agung Hercules berenang (Youtube/Agung Hercules TV)

 

Sebuah studi tahun 2014 juga menemukan berenang di kolam yang dalam meningkatkan aliran darah ke otak. Karena ketika kita masuk ke dalam air, detak jantung akan lebih meningkat dibandingkan saat berada di daratan. Sehingga aliran darah ke otak akan lebih lancar dan tinggi.

Bahkan penelitian tahun 2007 juga menemukan bahwa berenang efektif mengurangi kepanikan dan perasaan sedih karena olahraga ini menggunakan teknik pernapasan.

Berenang juga menyusutkan hippocampus pada individu yang mengalami depresi, yang diyakini sebagai penyebab masalah kesehatan mental seperti depresi.

Selain itu, olahraga air ini membantu mengaktifkan belahan otak dan keempat lobus otak secara bersamaan yang dapat menyebabkan peningkatan kognisi dan waktu belajar yang lebih mudah.

Berita Terkait

Berita Terkini