Pria

Penis Juga Bisa Alami Sariawan seperti Bibir, Kenali Gejalanya

Namun tenang, sariawan pada penis sangat mudah diobati.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi penis. (Shutterstock)
Ilustrasi penis. (Shutterstock)

Himedik.com - Seperti yang diketahui, sariawan bisa muncul di bagian mulut atau bibir. Tapi rupanya, alat vital laki-laki alias penis juga bisa mengalami sariawan.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa kondisinya tampak agak berbeda pada pria dan wanita, meskipun ada kesamaan. Menurut NHS, gejala yang paling umum adalah rasa iritasi, terbakar, dan kemerahan di sekitar kepala penis.

Kemudian, di bawah kulit khatan terdapat cairan putih - seperti keju cottage, bau yang tidak enak, kesulitan menarik kembali kulit penis. Selain itu mungkin juga timbul ruam merah, gatal, atau nyeri di pangkal paha, atau di antara jari-jari Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda dapat memiliki sariawan tanpa menunjukkan gejala-gejala di atas juga.

Kabar baiknya, sariawan pada penis sangat mudah diobati, meskipun Anda mungkin merasa sedikit tidak nyaman. Hubungi dokter umum atau klinik kesehatan seksual dan jelaskan gejala Anda.

Kemungkinan besar, mereka akan meresepkan perawatan tanpa resep. Atau, Anda dapat mampir ke apotek langsung dan berbicara dengan mereka. Namun, jika Anda menderita sariawan berulang, yang terbaik adalah berbicara dengan dokter sehingga mereka mengetahuinya.

Ilustrasi masalah Mr P (Shutterstock)
Ilustrasi masalah Mr P (Shutterstock)

 

"Sariawan diobati dengan obat antijamur, yang bisa dalam bentuk tablet (seperti kapsul fluconazole), dalam bentuk pessary (tablet clotrimazole yang Anda masukkan ke dalam vagina Anda) dan juga dalam krim (krim clotrimazole), "kata Dr Sarah Walsh, seorang ginekolog, yang juga merupakan co-founder kondom Hanx.

Ia melanjutkan, bahwa gejalanya akan hilang dalam seminggu, setelah minum satu dosis (tabel atau pessary) dan menggunakan krim secara teratur di daerah yang terkena.

"‘Krim antijamur dapat membantu meringankan gejala sementara Anda menunggu obat untuk mengobati infeksi. Hal-hal lain yang dapat membantu mengatasi iritasi termasuk menggunakan air hangat dan pembersih lembut di daerah yang terkena, dan menghindari produk beraroma.'

Biasanya, dengan pengobatan, sariawan akan hilang dalam waktu seminggu atau lebih, meskipun kadang-kadang bisa sembuh sendiri. Ya, mungkin agak canggung untuk memberi tahu seorang profesional medis bahwa ada cairan yang keluar dari penis atau bahwa Anda tidak dapat menggaruk penis lagi.

Tetapi mereka sudah mendengar semuanya sebelumnya, jadi jangan menghindari mendapatkan bantuan karena Anda merasa malu.

Berita Terkait

Berita Terkini