Pria

Anda Sering Mendadak Ereksi di Pagi Hari? Ternyata ini Penyebabnya!

Ereksi mendadak di pagi hari pada pria bukan berkaitan dengan gairah seksual, melainkan kualitas tidurnya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi penis, ereksi - (Pixabay/derneuemann)
ilustrasi penis, ereksi - (Pixabay/derneuemann)

Himedik.com - Sebagian besar pria pasti pernah mengalami ereksi di pagi hari tanpa berhubungan seksual. Kondisi ini juga disebut tumor penis nokturnal atau ereksi nokturnal secara medis.

Nocturnal penile tumescence (NPT) bukanlah akibat dari gairah seksual atau mimpi berhubungan seks. Kondisi ini adalah bukti fungsi normal dari sistem reproduksi pria.

Faktanya dilansir dari Medical News Today, kondisi ini adalah tanda bahwa saraf dan suplai darah ke penis sehat.

Jika seorang pria tidak memiliki NPT secara teratur, hal itu bisa mengindikasikan masalah kesehatan seperti disfungsi ereksi (DE). Selain itu, tak memiliki NPT yang teratur juga bisa menunjukkan masalah lain pada saraf atau suplai darah ke organ reproduksi pria.

Ketidakseimbangan hormon, seperti penurunan testosteron juga bisa memengaruhi seberapa sering pria mengalami NPT. Kurangnya NPT teratur terkadang bisa disebabkan oleh kualitas tidur yang kurang.

Ilustrasi berhubungan seks (Elements Envato)
Ilustrasi berhubungan seks (Elements Envato)

Penyebab ereksi di pagi hari

NPT bukanlah ereksi yang khas karena tidak terkait dengan pikiran, mimpi atau rangsangan seksual. Kondisi ini hanyalah hasil dari siklus tidur, dikombinasikan dengan saraf yang sehat dan aliran darah di tubuh.

NPT cenderung terjadi ketika seseorang berada dalam fase tidur rapid eye movement (REM). Tidur REM bisa terjadi beberapa kali selama siklus tidur 8 jam.

Ereksi bisa hilang dengan sendirinya saat seseorang tidur lebih nyenyak. Dengan demikian, seseorang mungkin mengalami ereksi beberapa kali di malam hari tapi mungkin tidak menyadarinya.

Kebanyakan pria terbangun di akhir siklus tidur REM yang mungkin menyebabkan ereksi di pagi hari. Selain itu, kadar testosteron cenderung meningkat di pagi hari.

Ereksi yang disebabkan oleh NPT mungkin secara fisik berbeda dari kondisi yang disebabkan oleh gairah. Satu studi menemukan bahwa beberapa pria mengalami nyeri saat mereka mendapat NPT, tapi tidak saat mereka mengalami ereksi biasa.

Berita Terkait

Berita Terkini