Pria

Pria Harus Baca Ini, Bawang Putih Bisa Tingkat Libido dan Kesuburan Lho!

Bawang putih bisa membantu meningkatkan libido dan kesuburan pria.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

bawang putih. (Pixabay)
bawang putih. (Pixabay)

Himedik.com - Sejak lama, bawang putih telah diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa bawang putih bisa membantu melawan peradangan, menurunkan kadar kolesterol dan melindungi dari penyakit kronis.

Banyak orang mungkin belum tahu bahwa bawang putih juga memiliki masalah untuk kesehatan seksual. Dilansir dari Healthline, bawang putih bisa meningkatkan fungsi seksual atau libido.

Berikut ini, dua manfaat utama bawang putih untuk kesehatan seksual pria.

1. Meningkatkan aliran darah

Ilustrasi darah. (Pixabay)
Ilustrasi darah. (Pixabay)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan aliran darah, yang bermanfaat untuk mengobati masalah disfungsi ereksi pada pria.

Faktanya, banyak penelitian pada manusia dan hewan telah menemukan bahwa senyawa tertentu dalam bawang putih bisa meningkatkan aliran darah dan fungsi pembuluh darah.

Satu penelitian di antara 49 pria lansia menemukan bahwa obat yang mengandung bahan-bahan, seperti ekstrak bawang putih tua, ginseng dan taduk beludru untuk meningkatkan fungsi ereksi.

Bawang putih juga bisa meningkatkan kadar oksida nitrat, senyawa yang membantu pembuluh darah membesar untuk meningkatkan aliran darah. Hal ini berpotensi membantu meningkatkan fungsi ereksi.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Ilustrasi hubungan seks  (shutterstock)
Ilustrasi hubungan seks (shutterstock)

Beberapa penelitian menemukan bawang putih bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Satu ulasan dari 18 studi menyimpulkan bahwa bawang putih membantu meningkatkan produksi sperma dan kadar testosteron karena sifat antioksidannya.

Dalam penelitian hewan baru-baru ini, S-allyl cysteine, yakni senyawa dalam bawang putih bisa meningkatkan produksi testosteron pada tikus. Penelitian pada hewan lain juga menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua bisa melindungi dari perubahan produksi sperma dan kadar testosteron yang disebabkan oleh kemoterapi.

Berita Terkait

Berita Terkini