Pria

Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Kethaui Cara Dokter Mengobatinya!

Saat ini Tukul Arwana masih dirawat di rumah sakit.

Rosiana Chozanah

Tukul Arwana dan kedua anaknya (Instagram)
Tukul Arwana dan kedua anaknya (Instagram)

Himedik.com - Putri komedian Tukul Arwana, Ega Prayudi, mengatakan bahwa ayahnya mengalami pendarahan otak. Hingga kini, lelaki 57 tahun itu masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

"Betul beliau saat ini masih dalam perawatan dokter. Mohon doanya ya mas," kata Ega kepada awak media, Kamis (23/9/2021).

Menurut WebMD, pendarahan otak merupakan jenis dari stroke. Kondisi ini disebabkan oleh pembuluh darah di otak yang pecah dan menyebabkan pendarahan lokal di jaringan sekitarnya.

Pendarahan ini dapat membunuh sel-sel otak.

Meski begitu, pendarahan otak juga dapat ditangani. Bahkan, beberapa pasien dapat sembuh total. Tetapi kesembuhan ini juga tergantung pada ukuran pendarahan dan jumlah pembengkakan di otak.

Tukul Arwana bersama putrinya, Novita Eka Afriana
Tukul Arwana bersama putrinya, Novita Eka Afriana

Sebelum itu, umumnya pasien akan menjalani tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI, untuk melihat di mana letak pendarahan internal serta tempat berkumpulnya darah.

Pasien juga mungkin menjalani pemeriksaan neurologis atau pemeriksaan mata untuk memeriksa apakah ada pembengkakan di saraf optik atau tidak.

Sementara itu, perawatan pendarahan otak tergantung pada lokasi, penyebab, serta luasnya pendarahan.

Operasi mungkin dilakukan untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah pendarahan lagi.

Dokter juga umumnya akan meresepkan obat-obatan, seperti obat penghilang rasa sakit, kortikosteroid, atau o smotics untuk mengurangi pembengkakan, serta antikonvulsan untuk mengontrol kejang.

Kondisi yang dialami Tukul Arwana membuat berbagai pihak terkejut karena sebelum dilarikan ke rumah sakit, Tukul terlihat baik-baik saja.

Berita Terkait

Berita Terkini