Pria

Komedian Nurul Qomar Kanker Usus Stadium 4C, Kenali Gejalanya!

Komedian Nurul Qomar sedang menderita kanker usus stadium 4C hingga kesulitan buang air besar (BAB).

Shevinna Putti Anggraeni

Pelawak Nurul Qomar (kanan) [YouTube/Ini Talk Show]
Pelawak Nurul Qomar (kanan) [YouTube/Ini Talk Show]

Himedik.com - Saat ini, Nurul Qomar sedang menderita kanker usus stadium 4C. Komedian senior itu pun harus menjalani kemoterai untuk membantu mengatasi kanker usus selama 6 bulan ke depan.

Nurul Qomar mengaku awalnya tidak bisa buang angin dan buang air besar (BAB) selama 1 bulan. Kemudian, ia didiagnosis menderita kanker usus hingga tak bisa lagi BAB melalui anus.

"Dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus dan sudah stadium 4C," kata Nurul Qomar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Kanker usus besar adalah tumor ganas di usus besar yang biasanya menyebabkan penderitanya BAB berdarah. Penyakit ini biasanya berawal dari tumor jinak yang disebut polip.

Kanker usus besar seringkali tidak menimbulkan gejala di awal. Tapi, orang yang mangalami gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit, riwayat keluarga yang menderita kanker usus besar disarankan konsultasi dengan dokter.

Pelawak Nurul Qomar (Instagram/@haji.nurulqomar)
Pelawak Nurul Qomar (Instagram/@haji.nurulqomar)

Sebab dilansir dari Alodokter, deteksi kanker usus sejak dini akan membantu pengobatan yang lebih cepat dan peluang sembuh semakin besar.

Gejala Kanker Usus Besar

Gejala kanker usus besar pada tahap awal seringkali sulit terdeteksi atau tidak muncul sama sekali. Tapi, ada beberapa kondisi yang bisa dicurigai sebagai pertanda kanker usus besar.

  1. Diare atau sembelit
  2. Perut kembung
  3. Kram atau sakit perut
  4. Perubahan bentuk dan warna tinja
  5. BAB berdarah

Tapi, kanker usus besar yang sudah masuk stadium lanjut bisa menimbulkan gejala yang berbeda, antara lain:

  1. Kelelahan
  2. Sering BAB tidak tuntas
  3. Perubahan pada bentuk tinja yang terjadi lebih dari sebulan
  4. Penurunan berat badan drastis

Bila kanker usus besar sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, Anda akan mengalami sakit kuning, pandangan kabur, pembengkakan pada lengan dan tungkai, sakit kepala, patah tulang dan sesak napas.

Berita Terkait

Berita Terkini