Pria

Nurul Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4, Seberapa Peluang Sembuhnya?

Komedian Nurul Qomar sedang menderita kanker usus stadium 4C.

Shevinna Putti Anggraeni

Pelawak Nurul Qomar (kanan) [YouTube/Ini Talk Show]
Pelawak Nurul Qomar (kanan) [YouTube/Ini Talk Show]

Himedik.com - Komedian senior, Nurul Qomar sedang menderita kanker usus stadium 4C sampai harus menjalani kemoterapi selama 6 bulan ke depan.

Sebelum itu, Nurul Qomar bercerita bahwa kanker usus yang dideritanya bukan karena pola makan yang buruk. Melainkan, ia menderita kanker usus karena faktor genetik.

"Setelah dilakukan pemeriksaan secara sesama, scan, rontgen, dan semua proses semua medical dilalui. Kata dokter, 'Pak Haji ada faktor genetika sudah lama'. jadi faktor genetika," ujar Qomar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2018, penyakit kanker usus masu dalam datar jenis kanker yang menyebabkan kematian di dunia.

Kebanyakan pasien kanker usus datang ke rumah sakit ketika kondisinya sudah memasuki stadium 4. Padahal dilansir dari Hellosehat, deteksi dini kanker usus bisa membantu proses pengobatan yang lebih cepat dan peluang sembuh lebih besar.

Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)
Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)

Deteksi kanker usus ini bisa melalui tes fisik dan riwayat kesehatan, tes feses, tes darah, kolonoskopi dan proktoskopi, biopsy serta ten pencitraan. Semua tes medis itu juga bisa mendeteksi tingkatan stadium kanker usus.

Dalam menentukan tingkatan stadium kanker usus, ada beberapa istilah yang digunakan, antara lain T (tumor), N (lymph nodes/ kelenjar getah bening), dan M (metastatis/penyebaran kanker). Adapun tingkatan stadium kanker usus, yakni:

1. Stadium 1 T1/T2 N0 M0

Stadium 1 kanker usus ini pertanda kanker tumbuh melalui mukosa muskularis ke dalam submucosa (T1) atau tumbuh ke muskularis propia (T2), tetapi kanker belum menyebar ke kelenjar getah benih (N0) atau area lain (M0).

2. Stadium 2A T3 N0 M0

Stadium 2 kanker usus ini pertanda kanker tumbuh di lapisan terluar kolon, tapi belum menembus rektum (T3), belum menyebar ke kelenjar getah bening (N0) atau area lain (M0).

3. Stadium 3B T1/T2 N2b M0

Stadium 3 kanker usus ini pertanda kanker sudah tumbuh dari mukosa ke submukosa (T1) atau muskularis propia (T2) dan mulai menyebar ke-7 atau lebih kelenjar getah bening (N2b), tapi kanker belum menyebar ke area lain yang jauh (M0).

4. Stadium 4 any T any N M1a

Stadium 4 kanker usus pertanda kanker tidak tumbuh di dinding kolon atau rektum (any T) dan tidak juga menyebar ke kelanjar getah bening (any N). Tapi, kanker usus sudah menyebar ke hati, paru atau kelenjar getah bening yang jauh (M1a).

Kanker usus besar stadium 1, 2 dan 3 masih tergolong belum parah, sehingga bisa sembuh dengan pengobatan. Tapi, kanker usus stadium 3 yang sudah parah dan stadium 4 akan lebih sulit sembuh.

Namun, pasien masih harus menjalani pengobatan kanker usus untuk meringankan gejala, memperlambat penyebaran sel kanker dan membuat kualitas hidup pasien lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini