Pria

Marc Marquez Didiagnosis Alami Diplopia, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Marc Marquez akan melewatkan final musimdalam MotoGP Valencia karena alami diplopia.

Shevinna Putti Anggraeni

Marc Marquez (Instagram/@marcmarquez93)
Marc Marquez (Instagram/@marcmarquez93)

Himedik.com - Kondisi Marc Marquez masih belum fit setelah kecelakaan latihan off-road pekan lalu. Pembalap tim Repsol Honda itu pun akan melewatkan final musim dalam MotoGP Valencia akhir pekan ini.

Karena, Marc Marquez mengalami masalah penglihatan akibat kecelakaan dalam latihan menjelang MotoGP Algarve di Portugal. Marc Marquez sempat menjalani pemeriksaan medis di Klinis Dexeus di Barcelona.

Selah berhari-hari beristirahat. Marc Marquez masih merasa tidak enak badan yang mengalami masalah penglihatan. Dr Sanchez Dalmau di Hospital Clinic Barcelona, dokter mata yang menanganinya menemukan Marc Marquez menderita diplopia.

"Hasil pemeriksaan Marc Marquez setelah kecelakaan menemukan bahwa ia mengalami diplopia. Kondisi inilah yang menyebabkan dirinya mengalami kelumpuhan saraf kanan dengan keterlibatan otot oblique kanan," kata Dr Sanchez Dalmau dikutip dari GP One.

Diplopia adalah kondisi yang terjadi ketika Anda melihat dua gambar dari hal yang sama. Dilansir dari WebMD, kondisi ini mungkin lebih dikenal sebagai penglihatan ganda.

Anda bisa mengalami diplopia pada satu mata atau keduanya. Umumnya, penglihatan ganda di kedua mata lebih serius daripada siplopia pada satu mata.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez. [LLUIS GENE / AFP]
Rider Repsol Honda, Marc Marquez. [LLUIS GENE / AFP]

Gejala Diplopia

Jika Anda mengalami diplopia atau penglihatan ganda, Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut ini.

  1. Satu atau kedua mata tidak sejajar
  2. Sakit ketika menggerakkan mata
  3. Rasa sakit di sekitar mata, seperti pelipis atau alis
  4. Sakit kepala
  5. Mual
  6. Kelemahan di mata dan tempat lain
  7. Kelopak mata turun

Penyebab Diplopia

Penglihatan ganda yang terjadi pada satu mata disebut diplopia monocular. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1. Kornea

Kornea adalah bagian mata yang berfungsi memfokuskan cahaya. Jika penglihatan ganda Anda hilang ketika menutupi satu mata, tetapi tetap ada saat Anda menutupi mata bagian lain. Anda mungkin mengalami kerusakan kornea mata yang menyebabkan penglihatan ganda.

2. Lensa

Lensa yang berada di belakang pupil Anda bisa membantu memfokuskan cahaya ke retina di belakang mata. Katarak adalah masalah kerusakan lensa yang paling umum.Operasi pembedahan biasanya bisa membantu mengatasi katarak pada satu mata.

Penglihatan ganda pada kedua mata disebut diplopia binocular. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal, yakni:

  • Otot

Otot bertugas mengontrol gerakan mata dan menjaga mata Anda sejajar satu sama lain. Jika otot di satu mata lemah, maka otot itu tidak akan bergerak sinkron dengan mata yang lain.

Saat Anda melihat ke arah yang dikendalikan oleh otot yang lemah. Anda akan mengalami penglihatan ganda. Masalah otot ini bisa disebabkan oleh myasthenia gravis, penyakit gravs dan masalah lain yang dikendalikan oleh saraf.

  • Saraf

Saraf bertugas membawa informasi dari otak ke mata. Beberapa masalah pada saraf bisa menyebabkan penglihatan ganda, seperti multiple sclerosis, sindrom Guillain-Barre, dan diabetes.

  • Otak

araf yang mengontrol mata Anda terhubung langsung ke otak Anda. Banyak hal yang bisa menyebabkan penglihatan ganda dan ini dimulai dari otak, termasuk stroke, aneurisma, tumor dan sakit kepala migrain.

Berita Terkini