Pria

Iritasi akibat Mencukur Kumis dan Janggut? Atasi dengan Tips Berikut

Berikut informasi tentang cara mengobati iritasi akibat mencukur kumis dan janggut.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mencukur kumis dan janggut. (Elements Envato)
Ilustrasi mencukur kumis dan janggut. (Elements Envato)

Himedik.com - Banyak pria tidak nyaman memelihara kumis dan janggut yang tumbuh di wajah. Sehingga, mereka memilih mencukur habis kumis dan janggutnya.

Tapi terkadang, tindakan mencukur kerap meninggalkan efek tak nyaman di kulit. Misalnya kulit kemerahan, kering, dan juga gatal.

Bagi beberapa orang yang beruntung, efek iritasi pasca-bercukur hanya terjadi pada hari kedua dan ketiga. Biasanya, ini ditandai dengan benjolan seperti jerawat, atau luka bakar yang disebabkan oleh pisau cukur.

Dihimpun dari Suara.com---Jaringan Himedik.com, berikut lima cara untuk mengatasi iritasi akibat mencukur seperti yang dilansir dari Times of India. Simak ulasannya!

  • Persiapkan diri sebelum bercukur

Salah satu cara untuk menghindari iritasi kulit adalah dengan mempersiapkan kulit setidaknya 6-12 jam sebelum bercukur. Gunakan pelembap padat atau gel lidah buaya untuk memastikan kulit tetap lembap dan terhidrasi.

  • Potong bagian kumis atau janggut yang panjang dulu

Jika Anda menggunakan pisau cukur, disarankan potong bagian kumis atau janggut yang lebih panjang dulu. Sebab jika tidak dilakukan, ini akan menyebabkan kulit Anda menjadi iritasi.

  • Gunakan krim cukur yang tepat

Sebelum mencukur kumis dan janggut, sebaiknya gunakan krim cukur yang tepat. Jangan gunakan gel mandi atau sabun. Sebelum itu, Anda perlu melihat krim cukur yang sesuai dengan jenis kulit.

  • Jangan digaruk jika gatal

Usai mencukur dan kemudian kulit terasa gatal, sebaiknya jangan digaruk. Biarkan kulit bernafas sejenak setelah dicukur. Ini dilakukan guna menghindari dari gatal di kulit yang semakin parah.

  • Beri gel untuk menenangkan kulit yang teriritasi

Saat mengalami iritasi setelah cukur, sebaiknya gunakan gel lidah buaya atau lotion di bagian kulit kumis dan janggut. Dengan menggunakan gel, hal ini akan membantu menenangkan kulit Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini