Pria

Ferry Irawan dan Venna Melinda Ingin Punya Anak Lagi, Amankah Hamil Usia 50 Tahun?

Venna Melinda dan Ferry Irawan mengaku ingin memiliki anak lagi, tetapi tidak terlalu menargetkan.

Shevinna Putti Anggraeni

Acara syukuran pernikahan Ferry Irawan dan Venna Melinda [Suara.com/Rena Pangesti]
Acara syukuran pernikahan Ferry Irawan dan Venna Melinda [Suara.com/Rena Pangesti]

Himedik.com - Resmi menikah sekitar 1 bulan yang lalu, Ferry Irawan dan Venna Melinda mengaku ingin memiliki keturunan.

Tetapi, Ferry Irawan maupun Venna Melinda tidak terlalu menargetkan harus memiliki keturunan karena sudah memiliki 3 anak.

Ferry Irawan maupun Venna Melinda juga tidak akan menolak bila nanti diberi keturunan lagi. Apalagi, kondisi sel telur Venna Melinda juga masih bagus dan memungkinkan untuk hamil lagi pada usia 50 tahun.

"Yah kalau keinginan (punya anak lagi) dari berdua ada. Cuma kita nggak mentargetkan," ujar Ferry Irawan di akun YouTube EKO PATRIO TV belum lama ini.

Peluang kehamilan seorang wanita setelah usia 45 tahun tidak lebih dari 3 hingga 4 persen. Karena dilansir dari Parenting Firstcry, tingkat kesuburan wanita usia 50 tahun ke atas juga sudah tergolong rendah.

tasyakuran pernikahan Venna Melinda dan Ferry Irawan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (25/3/2022) [Suara.com/Rena Pangesti]
tasyakuran pernikahan Venna Melinda dan Ferry Irawan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (25/3/2022) [Suara.com/Rena Pangesti]

Meskipun seorang wanita memiliki sel telur yang masih bagus. Tapi, jumlah sel telur yang tersisa pada usia ini sudah berkurang.

Oleh karena itu, sangat sulit bagi seorang wanita berusia 50 tahun untuk hamil secara alami dan memiliki bayi yang sehat.

Meski begitu, bukan berarti kehamilan tidak mungkin terjadi. Peluang terjadinya pembuahan alami yang sehat setelah usia 50 tahun hanya 1 persen.

Tapi, ada teknologi reproduksi yang bisa membantu kehamilan pada wanita usia 50 tahun, yakni IVF atau bayi tabung.

"Beberapa telur yang Anda miliki mungkin memiliki kelainan kromosom, jadi skrining sebelum IVF sangat penting," kata Dr Alan Copperman, direktur Reproductive Medicine Associates of New York dikutip dari Parents.

Namun, peluang keberhasilan metode IVF ini juga hanya 0 hingga 1 persen pada wanita usia 50 tahun.

Selain itu, ada pula kemungkinan besar bayi lahir cacat atau ibu mengalami keguguran ketika hamil usia 50 tahun ke atas.

Berita Terkait

Berita Terkini