cancel
Rabu, 01 Februari 2023

Terinfeksi Cacar Monyet, Hidung Pria Ini Alami Ruam Hingga Membusuk!

Hidung seorang pria mengalami ruam hingga membusuk akibat cacar monyet.

Shevinna Putti Anggraeni
share on facebook share on twitter share on line share on telegram share on whatsapp copy to clipboard
Ilustrasi hidung - (Shutterstock)
Ilustrasi hidung - (Shutterstock)

Himedik.com - Seorang dokter menemukan kasus cacar monyet mengerikan yang membuat hidung seorang pria membusuk.

Awalnya, pria 40 tahun itu datang ke dokter dengan keluhan bintik-bintik merah di ujung hidung. Saat itu, dokter mengira hidungnya memerah karena terbakar sinar matahari, bukan cacar monyet.

Tapi dilansir dari The Sun, lesi mulai berkembang menjaadi nekrosis atau kematian jaringan pada hidung pria itu dalam 3 hari.

Sebuah gambar menunjukkan hidung pasien asal Jerman itu terlihat menghitam, berkeropeng dan ada beberapa lecet di wajahnya.

Virus cacar monyet memang menyebabkan gejala berupa ruam yang terlihat mirip cacar air. Kemudian, ruam ini akan berkembang menjadi lepuh berisi nanah dan akan berkeropeng.

Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. (Pixabay)
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. (Pixabay)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah melaporkan lebih dari 35.000 kasus cacar monyet dari 92 negara. Wabah ini cukup tidak biasa seperti sebelumnya, yang hanya menjadi endemik di beberapa negara Afrika.

Sebagian besar kasus di luar Afrika terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Sebagian besar virus cacar monyet ini menyebar melalui aktivitas seksual.

Pada kasus pria yang hidungnya membusuk ini, ia juga mengalami gejala cacar monyet berupa luka di wajah, penis dan di dalammulut pria itu.

Hasil tesnya memang positif cacar monyet. Tetapi tak hanya itu, ia juga menderita sifilis dan HIV yang sudah berlangsung lama tanpa disadari.

Menurut Dr Christopher Boesecke, pria itu memang belum pernah menjalani pemeriksaan IMS.

Tidak jelas berapa lama pria itu mengidap HIV tanpa mengetahuinya. Tapi, biasanya HIV berkembang menjadi AIDS dalam waktu 8 sampai 10 tahun.

Pada titik ini, sistem kekebalan tubuh rusak parah dan pasien cenderung menjadi sangat tidak sehat dengan penyakit yang tidak dialami oleh orang yang sehat.

Pria itu diobati dengan tecovirimat, merek Tpoxx, obat antivirus yang digunakan untuk mengobati pasien cacar monyet. Setelah itu, lesi cacar monyet di kulitnya mengering dan hidungnya sudah cukup membaik.

Terkait

Terkini