Pria

Dialami oleh Atta Halilintar, Ini 4 Gejala Hernia yang Harus Diketahui Pria

Pada November 2023 lalu, Atta Halilintar mengaku menderita penyakit hernia.

Yasinta Rahmawati

Potret Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. (Instagram)
Potret Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. (Instagram)

Himedik.com - YouTuber Atta Halilintar baru saja menjalani operasi karena kondisi kesehatannya. Suami Aurel Hermansyah itu mengatakan jika dirinya sudah merasakan sakit sejak satu bulan yang lalu. 

Meski tak menyebut secara pasti penyakit apa yang dideritanya, Atta Halilintar mengatakan jika beberapa hari ke belakang dirinya tak kuat lagi menahan rasa sakitnya terutama jika dirinya harus berdiri lama. 

Kondisi inilah yang mau tak mau membuat Atta Halilintar akhirnya memutuskan untik menjalani operasi meski sempat begitu takut saat membayangkannya. 

"Saya penakut.. nahan sakit ini udah 1 bulan mencoba pura2 tidak papa karena tak berani operasi. Tapi 2/3 hari ini enggak kuat lagi nahannya terutama ketika berdiri lama," tulis ayah Ameena dan Azura ini di akun media sosialnya.

Melalui vlog terbaru di channel YouTube AH, Atta Halilintar sedikit membocorkan soal operasi yang harus dijalaninya. Salah satunya adalah persiapan sebelum operasi, yakni berpuasa selama enam jam.

"Puasa aja, puasa makan minum enam jam," kata dokter yang menangani Atta Halilintar.

Melihat kekhawatiran di wajah Atta, sang dokter mencoba untuk menenangkan. Ia menyebutkan apa saja prosedur sebelum operasi yang dilakukannya.

"Nanti bius total, dipasang akses untuk obat masuk. (Kemudian) dipasang infus yang kecil. Masuk obat, satu menit kurang udah tidur," kata dokter tersebut.

"Selama tidur di-maintenance pakai obat anestesi terus nanti kedalaman tidur dipantau. Jadi ada nempel alat untuk (mengecek) jadi enggak usah khawatir ya," lanjut dokter tersebut.

Pada kesempatan yang sama, dokter yang menangani Atta menyinggung mengenai salah satu teknik operasi, yaitu laparoskopi. Hanya saja, Atta mengkhawatirkan kondisi lambungnya yang tidak baik.

Hal itu kemudian diperhatikan lebih lanjut oleh sang dokter. Ia mengutarakan rencananya untuk menambahkan obat bius lokal.

"(Untuk prosedur laparoskopi), dengan adanya saya kasih obat (bius) lokal, bisa mengurangi obat anti nyeri yang merangsang (lambung)," terang dokter tersebut.

Atta Halilintar Pernah Mengaku Menderita Hernia

Potret Lemas Atta Halilintar Terbaring di Rumah Sakit. (Instagram/attahalilintar)
Potret Lemas Atta Halilintar Terbaring di Rumah Sakit. (Instagram/attahalilintar)

Pada November 2023 lalu, menantu Krisdayanti ini mengaku menderita penyakit hernia.

"Kemarin dari perut ke bawah, saya merasakan kram yang perih dan kesulitan untuk bergerak. Alhamdulillah, sekarang saya tidak perlu tidur lebih lama di rumah sakit," ungkap Atta Halilintar di Instagram pada November 2023 lalu.

“Menurut dokter hasil cek ct scan saya kena sakit hernia.. tapi untungnya lemak bukan usus yg ke bawah,” lanjutnya.

Dikutip Halodoc, meskipun hernia dapat dialami siapa saja (pria dan wanita, serta segala usia), tapi gejala hernia pada pria memiliki perbedaan dengan yang dialami wanita. Jenis hernia yang lebih sering dialami pria yaitu hernia inguinal. 

Pasalnya, tubuh pria memiliki lubang kecil dekat otot pangkal paha, yang memungkinkan pembuluh darah dan tali spermatika dapat turun ke area testis.

Gejala hernia pada pria biasanya berupa rasa sakit di pinggul dan selangkangan. Sedangkan gejala yang perlu diwaspadai adalah sakit saat duduk dan nyeri perut bawah saat beraktivitas. 

Berikut ini beberapa gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai:

1. Rasa sakit pada benjolan

Hernia biasanya menyebabkan munculnya benjolan yang terasa sakit dan tidak nyaman. Rasa sakit pada benjolan tersebut membuat aktivitas menjadi terganggu.

Terutama pada pria dewasa yang sering melakukan gerakan meregangkan otot. Rasa sakit juga dapat terasa saat kamu mengangkat benda dengan beban berat. 

2. Benjolan membesar

Seperti yang sudah disebutkan, hernia terkadang tidak menimbulkan rasa sakit meski ada benjolan. Sering kali pengidap menganggap benjolan tersebut tidak mengkhawatirkan.

Padahal, pengabaian tersebut dapat menyebabkan benjolan semakin membesar. Meskipun gejala hernia tidak dapat memburuk, pekerjaan berat yang dilakukan pria dewasa memungkinkan hernia semakin parah.

3. Pembengkakan testis

Salah satu gejala hernia pada pria yang perlu diwaspadai yaitu pembengkakan pada testis. Benjolan yang muncul terkadang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada testis. 

Selain itu, pembengkakan akan terasa sakit dan mengganggu saat batuk atau meregangkan otot. Kemungkinan juga dapat muncul juga sensasi terbakar dan gatal di testis.

4. Sensasi terbakar di dada

Gejala yang satu ini biasanya dialami oleh pria lanjut usia (lansia) dan obesitas. Berbeda dengan gejala lainnya, benjolan dari hernia tidak terlihat keluar tubuh karena jaringan atau sebagian usus mendorong ke arah dada.

Itulah mengapa muncul sensasi terbakar di dada atau mulas. Terkadang pengidap mengira bahwa ia sedang mengalami gangguan maag biasa, sehingga gejala ini mudah terabaikan.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini