Pria

Prabowo Subianto Ngaku Suka Makan Burger King, Ketahui Bahaya Konsumsi Junk Food pada Lansia

Meski mengandung karbohidrat, sayuran, dan daging, menu ini masuk kategori junk food lantaran tinggi natrium, lemak, dan perasa makanan.

Yasinta Rahmawati

Prabowo Subianto. (Instagram)
Prabowo Subianto. (Instagram)

Himedik.com - Dalam dialog dengan Kadin alias Kamar Dagang dan Industri pada Jumat (12/1/2023), Prabowo Subianto membantah kalau dirinya anti barat. Sebagai bukti, ia pun mengaku kalau dirinya suka menyantap makanan dari salah satu restoran cepat saji asal Amerika, Burger King.

"Saudara-saudara, saya bukan anti barat, saya cinta sama barat. Masalahnya kadang barat tidak cinta sama kita. Aku suka makan Burger King, aku suka, kadang mereka yang nggak peduli sama kita," ucap Prabowo.

Ucapan calon presiden dengan nomor urut 2 yang dekat dengan Selvi Ananda ini pun langsung menjadi sorotan warganet. Hal ini mengingat usianya yang sudah masuk 72 tahun, namun masih menggemari makanan cepat saji yang identik dengan tinggi garam dan berpotensi memicu hipertensi.

Salah satu makanan cepat saji andalan di Burger King adalah burger. Meski mengandung karbohidrat, sayuran, dan daging, menu ini masuk kategori junk food lantaran tinggi natrium, lemak, dan perasa makanan.

Bahaya konsumsi junk food pada lansia

Dalam penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alma Ata Yogyakarta oleh Rantiningsih, Edi dan Veriani pada 2015, disebutkan bahwa lansia cenderung memilih makanan sejenis junk food yang tinggi kalori dan lemak tapi rendah serat.

Hasil penelitian di Bantul, Yogyakarta itu menemukan ada hubungan erat antara konsumsi junk food dan hipertensi atau tekanan darah tinggi pada lansia sebesar 67 persen. Sedangkan risiko hipertensi pada lansia yang jarang mengonsumsi junk food sebesar 32,9 persen.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mengungkap bahwa junk food atau makanan cepat saji yang sering dijumpai tidak akan membuat kenyang, tapi memicu makan berlebihan.

Berikut ini 5 risiko penyakit yang diakibatkan oleh terlalu seringnya mengonsumsi junk food, melansir situs Kemenkes, Sabtu (13/1/2024).

1. Kolesterol tinggi

Junk food memiliki nilai gizi yang rendah, bahkan bisa jadi tidak memiliki nilai gizi sama sekali. Kebanyakan junk food mengandung kalori cukup tinggi dan hal ini bisa menyebabkan kolesterol meningkat. Dan kadar kolesterol tinggi akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Diabetes

Banyak faktor pemicu diabetes terjadi, salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat, yakni terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Asal Anda tahu, junk food sangat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang tidak baik akan menyebabkan nutrisi makanan tidak terserap dengan baik. Selain itu, insulin juga tidak bekerja dengan sempurna. Padahal insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi.

3. Penyakit jantung

Junk food memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini juga yang membuat kolesterol di dalam tubuh meningkat. Lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kerja jantung. Selain itu, lemak juga bisa menumpuk di dalam pembuluh darah hingga menyebabkan penyumbatan. Maka dari itu, risiko serangan jantung juga akan meningkat.

4. Gangguan ginjal

Dengan kandungan natriumnya yang tinggi, terlalu sering mengonsumsi junk food bisa mempengaruhi kinerja ginjal, di mana fungsi ginjal dalam menyaring racun di dalam darah menjadi menurun.

5. Kerusakan hati

Bahaya lain dari junk food adalah risiko kerusakan hati. Penelitian menunjukkan mengonsumsi junk food tanpa berolahraga sama halnya dengan mengonsumsi alkohol. Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut di dalam hati, sehingga hati pada akhirnya menjadi rusak dan tidak dapat bekerja secara baik dan optimal.

(Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Berita Terkait

Berita Terkini