Wanita

Ingin Pagimu Makin Sehat, Cobalah Empat Trik Simpel Ini!

Bangun pagimu terasa berat. Coba beberapa trik simpel yang bikin hari-harimu jadi lebih berkualitas.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi bangun tidur. (Foto: iStock)
Ilustrasi bangun tidur. (Foto: iStock)

Himedik.com - Bangun pagimu terasa berat. Coba beberapa trik simpel yang bikin hari-harimu jadi lebih berkualitas. Dan tentu saja tubuh tetap bugar dan sehat.

Dirangkum dari Womens Health, berikut trik-triknya.

1. Peregangan

Foto: thinkstock
Foto: thinkstock

Ngulet yang kamu lakukan tiap bangun tidur merupakan salah satu peregangan yang bagus. Akan tetapi supaya tubuhmu lebih terasa bugar di pagi hari, lakukanlah peregangan yang benar dan baik, misal lakukan peregangan harmstring atau beberapa pose yoga, cukup di atas kasurmu!

"Peregangan atau stretching selama kurang lebih lima menit dapat melancarakan aliran darah dan mengurangi ketegangan," kata Lauren Fleri, seorang pelatih CrossFit Level II di Brick New York.

2. Makan makanan bernutrisi

Foto: thinkstock
Foto: thinkstock

Jangan pernah lewatkan sarapan! Sarapan atau makan pagi merupakan bagian penting dari harimu, karena itu usahakan asupan sarapanmu merupakan makanan yang kaya nutrisi dan gizi. Misalnya makan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin.

Atau kamu bisa membuat overnight oat. Yang bisa kamu olah malam hari dan taruh di kulkas sehingga kamu dapat menikmatinya langsung pagi hari setelah bangun tidur tanpa repot-repot harus masak terlebih dahulu, dan tentu saja, sarapanmu sudah terjamin nutrisinya.

3. Berhenti main ponsel

Foto: thinkstock
Foto: thinkstock

Kebiasaan mengecek ponsel di pagi hari memang sudah mendarah daging di kehidupan modern. Untuk menguranginya memang terdengan lebih mudah dibicarakan ketimbang dilakukan, tetapi hal tersebut sangat penting.

Ada sebuah studi dari University of Pennsylvania, orang-orang yang membaca berita negatif di pagi hari kemungkinan besar 27 persen akan mengalami hari yang buruk ketimbang yang tidak membacanya. Dan tentu saja, mood yang memburuk akan mempengaruhimu seharian.

4. Minum air putih

Foto: thinkstock
Foto: thinkstock

"Mulailah harimu dengan segelas air putih untuk mengisi kembali cairan tubuh saat kamu bangun tidur," demikian saran dari Dawn Thorpe Jarvis, RD, direktur ilmu nutrisi dari Garden of Life.

70 persen tubuh kita terdiri dari air, jika kamu tak memenuhinya bisa-bisa kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi yang berkepanjangan bisa menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.

Berita Terkait

Berita Terkini