Wanita

Apa yang Terjadi Jika Hanya Makan Pisang Selama 12 Hari?

Yulia Tarbath melakukan eksperimen dengan hanya makan pisang selama 12 hari.

Rauhanda Riyantama

Pisang. (shutterstock)
Pisang. (shutterstock)

Himedik.com - Bagi para pelaku diet, pisang menjadi makanan yang wajib dikonsumsi. Bukan tanpa sebab, pisang mengandung banyak nutrisi yang diyakini dapat menahan lapar cukup lama.

Selain itu, pisang tinggi kandungan potasium dan rendah sodium sehingga relatif aman untuk penderita sakit jantung, ginjal, dan kanker. Bahkan, pisang banyak dikonsumsi para atlet untuk cadangan atau pengganti energi yang hilang.

Terkait manfaat pisang, Yulia Tarbath melakukan eksperimen dengan hanya makan pisang selama 12 hari. Eksperimen ini dilakukan bersama suaminya, Paul Tarbath.

Diketahui Yulia dan Paul Tarbath adalah konsultan kesehatan holistik serta praktisi vegan asal London, dan kini mereka berdua tinggal di Bali. Percobaan ini dilakukan untuk menjaga berat badan dan detoksifikasi.

Setelah menjalankan eksperimen ini, satu hal yang pertama kali dirasa Yulia adalah pencernaannya menjadi lebih baik dan lancar. Sakit perut yang kerap dialaminya hilang. Ia juga merasa lebih tenang dan rileks sehingga lebih fokus dalam menjalankan aktivitas.

Sebelum diet, Yulia sering mengeluhkan kadar gula darahnya yang tinggi. Dia juga menderita candida dan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkannya sulit hamil.

Yulia Tarbath. (stethnews.com)
Yulia Tarbath. (stethnews.com)

Lantas semua keluhannya ini hilang setelah menjalani detoks yang disebut mono-fruiting (buah tunggal). Kini, Yulia sudah menjadi ibu dari seorang putra.

Pisang memang mengandung lebih banyak kalori dibanding buah lainnya, juga banyak fruktosa, glukosa, sukrosa, dan serat. Beragam jenis gula dan kalori dalam pisang dipercaya dapat mengusir lapar dan lemas pada orang yang mengonsumsinya.

Namun begitu, diet buah tunggal seperti ini tidak dianjurkan untuk dilakukan semua orang dalam jangka waktu lama. Menjalankan diet serupa yang dilakukan Yulia berpotensi menyebabkan malnutrisi karena hanya mendapat gizi dari satu sumber makanan.

Untuk menerapkan diet buah tunggal, juga harus mengukur kondisi kesehatan terlebih dulu. Apakah benar-benar kuat dan dalam kondisi sangat fit. Penurunan berat badan yang sangat drastis malah kerap menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Diet buah tunggal juga tidak disarankan sama sekali untuk mereka dengan gangguan keseimbangan tiroid (hipertiroid dan hipotiroid). Karena bisa memperburuk penderitaan dan menambah ketidakseimbangan hormon tiroid.

Yang terpenting, konsultasikan dulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk menjalani diet buah tunggal.

Berita Terkait

Berita Terkini