Wanita

Jangan Biarkan AC Menyala Saat Tidur, Ini Dampaknya untuk Kulit

Membiarkan AC menyala saat sedang tidur akan membuat kulit lebih kering.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi tidur pakai AC. (Thehealthsite)
Ilustrasi tidur pakai AC. (Thehealthsite)

Himedik.com - Salah satu hal yang paling ditunggu setelah pulang kerja adalah tidur. Namun, apabila cuaca malam sedang gerah-gerahnya, menghidupkan AC menjadi pilihan yang sangat tepat.

Selain udara menjadi sejuk, tidur jadi lebih pulas dan nyenyak. Tapi, menurut para ahli tidur pakai AC tidak bagus untuk kesehatan kulit

Mengutip dari Elite Daily, Dr. Heather Rogers, seorang dokter kulit mengatakan bahwa membiarkan AC menyala saat sedang tidur akan membuat kulit lebih kering dalam semalam.

Hal ini bisa terjadi karena pendingin udara menarik uap air dari udara untuk mengurangi kelembapan. Ketika udara kering, justru akan menarik air dari dalam kulit dan membuatnya kering.

Jika masih ingin menghidupkan AC saat tidur, salah satu solusinya adalah melapisi kulit dengan pelembap agar terhindar dari kehilangan air sepanjang malam.  

Ilustrasi pakai pelembap. (istockphoto)
Ilustrasi pakai pelembap. (istockphoto)

Tapi bukan sembarang pelembap, sangat penting memahami jenis pelembap yang cocok dengan kulit masing-masing. Karena kulit memiliki tingkat kelembapan berbeda-beda.

Selain itu, Dr. Ted Lain, dokter spesialis kulit menambahkan bahwa sebagian orang memiliki kulit yang mungkin sudah cukup berminyak secara alami, sehingga hanya perlu produk yang lebih ringan untuk perlindungan sebelum tidur.

''Bagi kulit berminyak, pelembap dapat bekerja dengan baik untuk menghidrasi dan melindungi. Sementara mereka yang memiliki kulit lebih kering akan mendapat manfaat lebih dari pelembap itu,'' kata Dr Ted Lain.

Sebagai pengganti AC, disarankan untuk menggunakan kipas angin. Sebab kipas angin dapat memberi kesejukan tanpa menghilangkan air di udara.

Meski tidur menggunakan AC terdengar menyeramkan, hal itu tetap boleh dilakukan. Dengan catatan sudah mengoleskan pelembap terlebih dahulu.

Artikel terkait pernah dimuat Dewiku.com dengan judul: Tidur Pakai AC Nggak Bagus untuk Kulit, Ini Kata Dermatologi

Berita Terkait

Berita Terkini