Wanita

Ini Fakta Seputar Hormon Estrogen, yang Dominan Dimiliki Wanita

Hormon estrogen adalah hormon seks yang diproduksi oleh ovarium dan memiliki banyak peranan penting dalam kehidupan wanita.

Rauhanda Riyantama

Paras cantik seorang wanita. (pexels)
Paras cantik seorang wanita. (pexels)

Himedik.com - Jadi perempuan yang hidup zaman sekarang dituntut bisa melakukan banyak hal. Termasuk memahami berbagai istilah kesehatan yang berkesinambungan dengan kehidupan sehari-hari.

Memang, jika bicara soal kesehatan dipastikan banyak istilah-istilah yang cukup asing didengar oleh orang awam. Salah satunya hormon estrogen. Faktanya hormon ini sangat penting untuk kelangsungan hidup wanita. Dilansir Dewiku, berikut ulasannya. 

Hormon estrogen dalam keseharian

Hormon estrogen adalah hormon seks yang diproduksi oleh ovarium dan memiliki banyak peranan penting dalam keseharianmu. Misalkan kamu merasa tertekan, tubuh akan menggunakan estrogen lebih banyak dari kondisi normal. Begitu juga saat kamu sedang sakit, tubuh sangat boros menggunakan hormon ini untuk menyembuhkan.

Kadar sensitivitas tubuh terhadap matahari juga dipengaruhi oleh hormon estrogen, lho. Tubuh butuh banyak dukungan hormon estrogen untuk membuat pertahanan diri dari sederet efek negatif sengatan matahari.

Hal serupa juga berlaku ketika kamu menggunakan alat tanning untuk mengubah tone kulit. Jika ingin kadar hormon estrogen tetap stabil, selalu gunakan sunscreen saat beraktivitas di siang hari, ya.

Apakah kamu termasuk orang yang moody? Nah, hormon estrogen juga punya pengaruh penting dalam perubahan mood dan emosi.

Pada situasi yang lebih serius, rendahnya kadar hormon estrogen dalam tubuh dapat mempengaruhi kecepatan otak saat bekerja, sehingga kerapkali menimbulkan gangguan kecemasan.

Kaitan hormon estrogen dengan organ reproduksi

Wanita. (pexels)
Wanita. (pexels)

Lalu, apakah hormon estrogen memiliki kaitan spesifik dengan organ reproduksi wanita? Tentu saja punya, orang yang mendekati atau mengalami masa menopause cenderung memiliki mood yang tidak stabil dan emosi yang naik-turun. Hal ini disebabkan oleh turunnya kadar estrogen secara drastis dalam tubuh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang yang memilih terapi penggantian hormon dengan cara HRT atau Hormon Replacement Therapy. Cara kerja terapi ini adalah mengganti hormon estrogen yang hilang dengan berbagai metode, seperti meminum tablet oral ataupun dengan suntikan.

Cara mempertahankan kadar hormon estrogen

Satu yang paling mudah adalah melakukan olahraga ringan secara teratur. Mengonsumsi makanan sehat juga sangat berpengaruh terhadap kadar estrogen, misalnya makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe dan susu kedelai.

Mengonsumsi biji-bijan juga baik untuk mempertahankan kadar hormon, seperti biji rami yang mengandung fitoestrogen yang disebut dengan lignan.

Biji rami mengandung fitoestrogen paling tinggi: 379.380 mcg per 100 g, dan sekitar 85,5 mg lignan dalam satu ons biji rami. Begitu juga dengan biji wijen. Dalam  satu ons biji wijen mengandung 11,2 mg lignan, atau 8008.1mcg fitoestrogen 100 g.

Berhenti merokok juga memberi pengaruh besar dalam mempertahankan hormon dalam tubuh. Jadi mulai sekarang, terapkan pola hidup sehat dalam keseharianmu agar kadar estrogen dalam tubuh tetap terjaga.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Catat, Ini Pengaruh Besar Hormon Estrogen pada Kehidupan Cewek

Berita Terkait

Berita Terkini