Wanita

Berikut Fakta Kerokan, Seperti yang Dilakukan Ayu Ting Ting

Ayu Ting Ting diketahui pernah melakukan tradisi kerokan untuk mengobati masuk angin.

Rauhanda Riyantama

Ayu Ting Ting. (Suara.com/Muhaimin A Untung)
Ayu Ting Ting. (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Himedik.com - Siapa yang tak kenal sosok penyanyi dangdut Ayu Ting Ting? Di tengah puncak popularitasnya saat ini, nyatanya Ayu Ting Ting masih melakukan metode pengobatan tradisional.

Seperti dilansir dari MataMata.com, Ayu Ting Ting diketahui pernah melakukan tradisi kerokan untuk mengobati masuk angin. Hal ini seperti terlihat dalam unggahan video pendek di Insta Storinya pada beberapa waktu lalu.

Di video tersebut, tubuh pelantun tembang 'Alamat Palsu' terlihat merah gara-gara kerokan. Video serupa juga diunggah di akun Umi Kalsum, ibunda Ayu Ting Ting. Dalam unggahannya, Umi Kalsum menyebut putrinya mengeluh mules di perut gara-gara masuk angin.

Nah, jika dilihat dari kacamata medis, benarkah kerokan dapat menyembuhkan masuk angin? Setelah ditelusuri Himedik, berikut ulasan selengkapnya.

Merangkum dari berbagai sumber, kerokan nyatanya memang memiliki dampak baik bagi kesehatan. Koin, bawang putih, atau batu giok yang digosokkan pada kulit akan menghasilkan panas yang membuat suhu tubuh meningkat.

Suhu tubuh yang meningkat ini mengakibatkan pembuluh darah pada tubuh melebar. Hal ini akan memperlancar peredaran darah pada tubuh, yang biasa dikenal dengan istilah oksigenasi, sehingga akan meredakan dan meringankan rasa sakit.

Sementara guratan merah pada tubuh akibat kerokan disebut inflamasi. Inflamasi menandakan adanya pembuluh darah kapiler yang sebelumnya sempit dan kosong menjadi lebih lebar dan terisi oleh darah. Kerokan juga bisa merangsang sistem imun dan kekebalan tubuh.

Berbagai fakta itulah yang membuat kerokan begitu dipercaya mampu mengusir dan menyembuhkan masuk angin. Bahkan, beberapa negara di dunia mempraktikkan metode serupa. Seperti Vietnam yang menyebutnya cai gio, Kamboja dengan goh kyol, dan China dengan gua sha.

Nah, jika kamu termasuk salah satu yang hobi kerokan ada baiknya berhati-hati terhadap dampak negatif yang mengintai. Lantaran kerokan menyebabkan pori-pori yang ada pada kulit jadi terbuka dan rentan dimasuki bakteri atau virus.

Berita Terkait

Berita Terkini