Wanita

Viral Nia Ramadhani Gagal Masak Telur, Baiknya Digoreng atau Direbus?

Telur goreng vs telur rebus.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]
Nia Ramadhani [Suara.com/Evi Ariska]

Himedik.com - Pesinetron Nia Ramadhani beberapa waktu lalu sempat viral ketika dirinya ketahuan tidak bisa mengupas salak. Kali ini, namanya kembali menjadi perbincangan di media sosial lantaran Nia Ramadhani gagal masak telur.

Hal ini terungkap dalam program Ngopi Dara dengan bintang tamu Yasmine Wildblood.

"Ini mah gampang. Ini urusan tiap hari di rumah kayak gini buat anak-anak. Kalau gue yang masak ada suara bunyinya," tutur Nia dengan percaya diri ketika akan mempraktikkan memasak telur.

Namun, pada akhirnya, Nia pun menyerah karena telur yang dimasaknya 'tidak karuan'.

"Nggak bisa, udahan ah, soalnya minyaknya agak meletup-meletup ya. Ini minyaknya kebanyakan," kata Nia Ramadhani kepada Yasmine.

Nia Ramadhani masak telor ceplok [Youtube/Transtv Official]
Nia Ramadhani masak telor ceplok [Youtube/Transtv Official]

Terlepas dari Nia Ramadhani, telur merupakan salah satu makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia.

Banyak orang yang takut dengan kandungan kolesterol pada telur, padahal kolesterol ini termasuk menyehatkan tubuh. Bahkan, satu telur sehari bahkan mungkin membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah studi pada 2018 di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, makan hingga 12 butir per minggu tidak akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

Ada banyak cara dalam mengolah telur, di antaranya direbus dan digoreng. Tapi, dari kedua cara tersebut, mana yang memiliki nutrisi lebih baik?

Fakta Gizi Telur Rebus

Dilansir Live Strong, nutrisi dalam telur rebus tergantung pada berapa lama dimasak. Total kalori dalam telur rebus hanya 77,5, yang merupakan 4% dari jumlah kalori harian yang direkomendasikan dari pola makan 2000 kalori.

Anda juga akan mendapatkan 1% hingga 4% vitamin dan mineral lain dari telur rebus. Ini termasuk kandungan vitamin B, vitamin E, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, natrium dan seng.

Setiap telur direbus juga mengandung 212 miligram kolesterol.

Ilustrasi telur dan roti. (Shutterstock)
Ilustrasi telur dan roti. (Shutterstock)

Fakta Gizi Telur Goreng

Gizi telur goreng dan telur rebus cukup sebanding. Sebab, kalori telur rebus dan kalori telur goreng hampir sama. Protein dan nutrisi seperti fosfor, selenium dan vitamin A, B2, B5 dan B9 juga serupa.

Satu-satunya perbedaan dalam nutrisi telur goreng adalah kandungan zat besi yang hampir dua kali lipat dari telur rebus.

Nilai gizi telur bisa dipengaruhi oleh bahan untuk memasaknya. Jika ingin lebih sehat, gunakan minyak zaitun karena mengandung minyak yang lebih baik daripada mentega.

Berita Terkait

Berita Terkini