Wanita

Jane Shalimar Alami Pneumonia Bilateral, Begini Penyebab dan Risikonya!

Jane Shalimar menderita pneumonia bilateral setelah positif virus corona Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Jane Shalimar [Yuliani/Suara.com]
Jane Shalimar [Yuliani/Suara.com]

Himedik.com - Jane Shalimar mengalami pneumonia bilateral karena positif terinfeksi virus corona Covid-19. Akibatnya, Jane Shalimat harus menggunakan ventilator karena paru-parunya mengalami perluasan kabut.

"Jane Shalimar mengalami Pneumonia bilateral (kedua paru-parunya) PNEUMONIA BERAT SPECIFIK COVID C19 + dengan perluasan awan dan infiltrat (kabut putih) di kedua paru parunya," ujar Dr GD, dokter dari Partai Demokrat yang menemani Jane Shalimar di rumah sakit kepada awak media pada Rabu (30/6/2021).

Pneumonia bilateral seperti Jane Shalimar juga disebut pneumonia ganda atau double pneumonia. Pneumonia bilateral adalah infeksi pada kedua paru-paru.

Penyebab

Pneumonia bilateral bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur atau parasit, sama seperti pneumonia biasa. Tapi dilansir dari Hellosehat, belum ada penelitian mengapa semua itu bisa menyerang kedua paru-paru.

ilustrasi paru-paru - (Pixabay/kalhh)
ilustrasi paru-paru - (Pixabay/kalhh)

1. Bakteri

Bakteri yang bisa menyebabkan pneumonia adalah streptoccocus pneumoniae. Pneumonia jenis ini muncul setelah Anda terserang flu dan biasanya bakteri menyerang salah satu paru-paru.

Tapi, risiko pneumonia bilateral cenderung lebih tinggi ketika disebabkan oleh bakteri pseudomonas dan staphylococcus yang biasanya diawali dengan flu tak kunjung sembuh.

2. Kuman

Mycoplasma pneumoniae adalah kuman mirip bakteri yang bisa menyebabkan pneumonia. Gejala pneumonia jenis ini biasanya lebih ringan.

3. Jamur

Infkesi pneumonia yang disebabkan oleh jamur lebih mungkin menyerang kedua paru-paru. Tetapi, kondisi ini hanya menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti lansia.

4. Virus

Virus juga bisa menjadi salah satu penyebab pneumonia bilateral yang umum terjadi pada anak di bawah 5 tahun. Pneumonia virus biasanya ringan, tetapi juga bisa menjadi sangat serius.

Pneumonia bilateral juga bisa terjadi karena komplikasi pneumonia yang disebabkan oleh sepsis. sehingga menyebabkan infeksi pada paru-paru yang masih sehat.

Komplikasi

Pneumonia bilateral yang semakin parah bisa menimbulkan sejumlah komplikasi, antara lain:

  1. Peradangan sistemik, seperti sepsis
  2. Peradangan pada lapisan pleura paru
  3. Abses pada paru
  4. Efusi pleura
  5. Gagal ginjal dan kegagalan sistem pernapasan

Berita Terkait

Berita Terkini